Mohon tunggu...
Efrem Siregar
Efrem Siregar Mohon Tunggu... Menulis dari balik tembok

Bahasa dan Sastra Prancis | Ex reporter ekonomi dan pemerintahan | Kadang menyuarakan kepentingan Asosiasi Perusahaan dan Kadin Twitter: @efremsiregar

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Pak Jokowi, Bu Susi Kasih "Kode Keras" Siap Kembali Jadi Menteri Kelautan dan Perikanan

29 November 2020   13:22 Diperbarui: 29 November 2020   13:24 132 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pak Jokowi, Bu Susi Kasih "Kode Keras" Siap Kembali Jadi Menteri Kelautan dan Perikanan
Edhy Prabowo dan Susi Pudjiastuti saat acara pisah sambut Kementerian Kelautan dan Perikanan di Jakarta, Rabu (23/10/2019). (Foto: Kompas.com)

Teka-teki siapa Menteri Kelautan dan Perikanan (Menteri KP) pengganti Edhy Prabowo belum menemukan titik terang. Sandiaga Uno digadang masuk radar, Susi Pudjiastuti sudah memberi sinyal untuk kembali ke jabatan lamanya itu.

Sejak Edhy Prabowo melepaskan jabatannya sebagai menteri, posisinya sementera diisi oleh Menko Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. Di bawah komando Opung Luhut, gebrakan baru dimulai: menghentikan ekspor benih lobster untuk sementara waktu.

Tetapi, Opung mengaku tak ingin berlama-lama mengemban jabatannya sebagai Menteri Ad Interim KKP. Dia ingin fokus mengurusi pekerjaan utamanya. Alasan yang masuk akal. Sekarang dia masih harus menuntaskan penanggulangan Covid-19, membantu pemulihan ekonomi terutama di sektor pariwisata super prioritas. 

Untuk urusan luar negeri, ia tampaknya akan menempatkan perhatiannya dalam masa transisi pemerintahan AS dari Trump dan Biden untuk mencari peluang kerjasama lebih lanjut RI dan AS ke depannya. Fix, Opung memang banyak pekerjaan yang harus dituntaskan. 

Lalu, siapa penggantinya? Cukup banyak nama kandidat yang beredar, dari Mantan Dirjen Perikanan Tangkap KKP Zulficar, Susi Pudjiastuti, dan mantan Cawapres RI 2019 Sandiaga Uno. 

Dari nama-nama yang beredar, kandidat yang sering disorot sepekan ini adalah Susi Pudjiastuti dan Sandiaga Uno. Nama Fadli Zon sebelumnya sempat diperbincangkan sebagai kandidat. Namun, dia menegaskan melalui cuitannya di Twitter, posisi menteri KKP sebaiknya dari kalangan profesional, bukan politisi. Fadli Zon, coret!

Tersebutnya nama Bu Susi sebagai pengganti Menteri Kelautan dan Perikanan sebenarnya terjadi sejak pemberitaan Edhy Prabowo tertangkap KPK di Bandara Soekarno-Hatta. 

Warganet serempak melambungkan nama Susi Pudjiastuti untuk mengganti Edhy Prabowo sebagai Menteri KP. Susi sendiri belum memberi banyak komentar soal siapa pengganti Menteri KP, bahkan tidak juga menyinggung soal penangkapan Edhy.

Bu Susi tentu tak akan terang-terangan menanggapi pertanyaan siapa pengganti Menteri KP. Akan tetapi, bukan berarti dia absen dalam isu ini. 

Jika mengikuti pergerakaan Bu Susi di Twitter, dia adalah orang yang lebih banyak mengirim 'puzzle' supaya pengikut Twitter-nya dapat menebak isi hatinya. Tipikal khas wanita, kirim kode dengan mengunggah status di medsos, kalau tak peka bisa leong.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN