Mohon tunggu...
Efrain Limbong
Efrain Limbong Mohon Tunggu... Jurnalis - Nasionalis

Menulis Untuk Peradaban

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Menghidupkan Spirit Bung Karno di Istana Mancawarna Bali

29 November 2021   16:59 Diperbarui: 29 November 2021   17:18 193 5 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Istana Mancawarna di Tampaksiring Gianyar Bali. Dok Pri

Berkunjung ke Istana Mancawarna Tampaksiring Gianyar Bali, merupakan tempat yang tepat untuk merefleksikan spirit perjuangan Bung Karno yang termanifestasikan dalam berbagai benda benda koleksi sejarah yang tersimpan di istana tersebut.

Kunjungan ke Istana Mancawarna yang sekaligus sebagai museum tersebut dilakukan disela sela kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Persatuan Wartawan Nasrani (Pewarna) Indonesia di Bali tanggal 24-27 November 2021. 

Kunjungan tersebut difasilitasi oleh Anggota DPD RI Senator dapil Provinsi Bali Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna yang juga selaku Presiden The Sukarno Center di Istana Mancawarna. Adapun Pemprov Bali turut memfasilitasi kendaraan bus untuk kunjungan tersebut.

Sebelumnya saat Seminar Nasional di Universitas Mahendradatta Bali, Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna yang juga selaku Dewan Pembina Kampus tersebut, mengundang peserta Rakernas Pewarna Indonesia untuk dapat berkunjung ke Istana Mancawarna yang menjadi museum benda benda koleksi Bung Karno.

Istana Mancawarna sendiri terdiri dari
dua bangunan utama. Yakni The Sukarno Center yang menyimpan berbagai benda benda koleksi bersejarah serta Perpustakaan yang menyimpan koleksi buku buku tentang Sukarno. Ada satu lagi bangunan untuk ruangan pihak pengelola istana Mancawarna.

Benda benda koleksi di The Sukarno Center. Doc Pri
Benda benda koleksi di The Sukarno Center. Doc Pri

Kunjungan Rombongan Pewarna Indonesia ke The Sukarno Center. Doc Pri
Kunjungan Rombongan Pewarna Indonesia ke The Sukarno Center. Doc Pri

Untuk Bangunan The Sukarno Center sendiri terdiri dari dua lantai, dimana dipamerkan berbagai benda koleksi bersejarah. Diantaranya tongkat, keris, samurai, mata uang, aksesoris, perangkat meja kursi serta berbagai dokumen foto Sukarno dimasa menjadi Presiden RI Pertama.

Ada juga koleksi lambang Burung Garuda berukuran besar yang terpajang dilantai satu. Serta dua kereta Kencana yang dipajang  di sebelah kiri dan kanan pintu masuk bangunan The Sukarno Center.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan