Mohon tunggu...
Efrain Limbong
Efrain Limbong Mohon Tunggu... Nasionalis

Menulis Untuk Edukasi

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Artikel Utama

Membaca Dimensi Pesan Politik Jokowi-Prabowo

10 Juli 2020   14:42 Diperbarui: 11 Juli 2020   08:50 962 28 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Membaca Dimensi Pesan Politik Jokowi-Prabowo
Jokowi bersama Prabowo (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

Dalam gambar terlihat Prabowo tengah menyimak Jokowi yang sedang berbicara dengan gestur tangan sedang menunjuk. Di tangan kirinya, Prabowo terlihat memegang catatan dan tangan kanannya memegang bolpoin.

Bagi saya, dari sekian dokumentasi gambar kebersamaan antara Jokowi dan Prabowo yang tersebar di ruang publik, mungkin inilah gambar yang dari aspek komunikasi politik, memberi dimensi pesan yang edukatif di ruang publik. Bukan saja dari dimensi pesan nilai semata, tapi juga simbolik dan struktural.

Gambar diambil saat kunjungan Presiden Jokowi ke Desa Bentuk Jaya di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah pada Kamis, 9 Juli 2020 kemarin. Daerah yang dikunjungi tersebut tengah dikembangkan menjadi lumbung pangan baru di luar Pulau Jawa.

Jokowi dalam kunjungan tersebut ditemani sejumlah menteri termasuk Prabowo Subianto dalam kapasitas sebagai Menteri Pertahanan.

Di sela-sela kunjungan di Desa Bentuk Jaya, Jokowi menyempatkan berdiskusi dengan para menterinya di sebuah pondok beratap daun nipah dengan latar belakang situasi desa tersebut. 

Pada sebuah bangku panjang yang terbuat dari kayu, Jokowi duduk bersama Prabowo dengan jarak tertentu. Nampak sang Menteri Pertahanan tengah serius menyimak pembicaraan Presiden Jokowi.

Dari dimensi nilai, maka gambar Prabowo yang tengah menyimak tersebut hendak memberi pesan, bahwa harmonisasi kerja antara pimpinan dan bawahan harus selalu dijaga. Jokowi sebagai presiden dan Prabowo sebagai menteri harus senantasa menjaga kekompakan agar ritme kerja bisa berlangsung dengan baik. 

Tentu kita bersyukur dua sosok negarawan yang pernah terlibat rivalitas dalam kontestasi Pilpres 2019 lalu, hingga saat ini masih bisa menjaga kekompakan dalam kabinet Indonesia Maju.

Jokowi saat memberikan arahan. (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)
Jokowi saat memberikan arahan. (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

Kita tentu memberi apresiasi atas sikap keteladanan seorang Prabowo yang bisa menempatkan diri sebagai seorang pembantu Presiden (menteri) saat melakukan kujungan kerja ke daerah. Sikap ini kita yakini sebagai bawaaan karakter Prabowo yang tahu diri terhadap tupoksi yang diembannya sebagai seorang Menteri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x