Mohon tunggu...
Efma Rezki Pasangka
Efma Rezki Pasangka Mohon Tunggu... Public Relations Student

Student Blogger

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Haris Herdiansyah: "Video Viral Pelajar SMK Itu Hal Biasa"

26 Juni 2019   22:19 Diperbarui: 14 Januari 2021   18:24 214 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Haris Herdiansyah: "Video Viral Pelajar SMK Itu Hal Biasa"
Haris Herdiansyah, S. Psi., M.Si.

"Manusia itu makhluk seksual, segala bentuk stimulus seksual dia akan tertarik, masalah seperti itu adalah masalah klasik dari jaman nabi adam dulu sampai nanti manusia terakhir masalah seperti itu tidak akan ada habisnya"

- Haris Herdiansyah, S.Psi., M.Si.-

Bagi Haris Herdiansyah atau yang akrab dipanggil Haris, video pelajar SMK yang viral dan ramai dibicarakan adalah hal biasa yang sering kali ditemukan dalam kehidupan normal, namun yang menjadi perhatian adalah perbedaan tingkat toleransi masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

Ia menambahkan bahwa semakin modern manusia, maka akan semakin rendah nilai toleransinya. Akan tetapi seseorang dengan Ilmu Komunikasi Psikologi akan dapat memprediksi perilaku yang Ia lakukan sekarang, akan berdampak apa untuk ke depannya, sehingga Ia dapat menyelesaikan dan menanggapi sesuatu dengan lebih terpola dan tidak sembarangan.

Pentingkah toleransi?

Sebagai makhluk sosial manusia tentunya saling membutuhkan satu sama lain untuk dapat bertahan hidup, karena itu sikap toleransi antar sesama sangat dibutuhkan dalam keberlangsungan hidup sehari-hari.

"Toleransi yang baik adalah toleransi yang menjaga agar tidak terjadi tubrukan" jelas Haris.

Sikap toleransi tentunya juga diperlukan dalam kehidupan pelajar, selain guna menjaga komunikasi yang baik dengan semua orang, dan juga menjaga kelangsungan hidup yang rukun. Selain saling menghargai toleransi juga dapat diartikan sebagai sikap kepedulian terhadap orang lain.

Dalam dunia Pendidikan khususnya perguruan tinggi seorang pelajar akan sering kali menghadapi tekanan yang namanya stres, dimana hal ini disebabkan aktivitas dan dinamika keseharian mahasiswa yang harus mengatur waktu, mengatur jadwal dan menjaga komunikasi agar tetap baik dengan semua orang.

Menurut Haris, stres yang dialami oleh mahasiswa adalah hal yang normal, karena sebagai manusia biasa stres merupakan hal yang pastinya dirasakan tiap individu, namun dengan tingkatan yang berbeda. Stres yang berlebihan sehingga menimbulkan gangguan atau stres patologis sebaiknya diberi tindakan, karena sudah membawa dampak buruk terhadap orang tersebut. Karena itulah penting bagi setiap orang untuk memahami komunikasi psikologi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN