Mohon tunggu...
Effendy Wongso
Effendy Wongso Mohon Tunggu... Penulis - Jurnalis, fotografer, pecinta sastra

Jurnalis, fotografer, pecinta sastra

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Loco Rice, Kreasi Kuliner ala Hawaii yang Menggiurkan

1 Agustus 2022   10:47 Diperbarui: 1 Agustus 2022   21:41 140 17 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Loco Rice. / (Foto: Effendy Wongso)

Membahas kuliner tentu tidak ada habisnya, baik kuliner Nusantara maupun dunia. Pasalnya, kuliner selalu memiliki daya tarik tersendiri selain cita rasa yang menggiurkan.

Sejatinya, inovasi yang rutin dilakukan pelaku usaha yang bergerak dalam bidang kuliner selama ini dengan sendirinya telah memperkaya keberagaman makanan dunia.

Minimal, hal tersebut bisa dilihat dari lahirnya menu-menu anyar dan baru yang tujuannya tentu tidak lepas dari upaya memanjakan lidah konsumen.

Sehingga, tidaklah mengherankan jika urusan "kepoin" makanan maupun sejenisnya selalu diminati banyak orang.

Beberapa pemerhati kuliner termasuk mendiang Bondan Winarno pernah mengungkapkan, kuliner yang terus lahir dari inovasi secara implisit adalah kebudayaan baru yang akan terus menambah khazanah budaya suatu bangsa.

Sejatinya pula, hampir semua negara memiliki kuliner khas yang mendunia dan menjadi menu ikonik yang "doyan" disantap masyarakat yang notabene bukan berasal dari negara asalnya.

Salah satunya adalah Loco Moco yang berasal dari salah satu negara bagian Amerika Serikat (AS), Hawaii. Karena kepopulerannyalah maka Loco Moco banyak diadaptasi menjadi racikan lokal yang mengikuti persediaan bahan pangan negara-negara pengadaptasi.

"Nah, jadilah Loco Moco ini menjadi Loco Rice yang merupakan menu ikonik di Waroenk. Walaupun Loco Rice (Loco Moco) adalah menu asing dari Barat (Hawaii), tetapi kami meraciknya sesuai cita rasa Nusantara. Penggunaan bumbu-bumbu lokal justru memperkaya makanan ini, sehingga cocok di lidah orang Indonesia," beber Head Chef Waroenk Group Ahmad Niko ketika ditemui beberapa waktu lalu di Waroenk Oebufu, Jalan WJ Lalamentik, Oebufu, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Lebih lanjut Niko menjelaskan, Loco Rice yang dibanderol pihaknya Rp 35.000 tersebut, terdiri dari nasi dengan irisan sosis, bakso sapi, jamur, dan telur mata sapi dalam baluran saus pedas manis.

"Sejak peluncuran menu ini, Loco Rice yang masuk dalam kompartemen rice bowl atau tren kontemporer penyajian menu dalam mangkuk ala Korea sudah menjadi makanan favorit pelanggan," ujarnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan