Mohon tunggu...
eep saepul
eep saepul Mohon Tunggu... Guru - Guru_Ketua MGMP PAI SMP Kabupaten Purwakarta

Menulis adalah sarana kreatif untuk mengekspresikan ide-ide, pandangan, dan pengetahuan yang dimilikinya kepada orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Lembar Kerja Peserta Didik

19 Agustus 2023   22:28 Diperbarui: 19 Agustus 2023   22:47 165
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 

LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik)

Tema: Penerapan Metode Tutor Sebaya dalam Membaca Al-Qur'an dengan Tajwid

Tujuan Pembelajaran:

  1. Memahami kaidah tajwid terkait hukum bacaan ra dan lam jallah.
  2. Mampu membaca Q.S. ar-Rum/30:41, Ibrahim/14:32, dan az-Zukhruf/43:13 dengan benar sesuai kaidah tajwid.
  3. Mengembangkan kebiasaan membaca Al-Qur'an secara teratur dan disiplin.

Pendahuluan:Metode tutor sebaya adalah pendekatan belajar di mana peserta didik belajar dari teman sebayanya. Dalam konteks ini, kita akan mempelajari cara membaca beberapa ayat Al-Qur'an dengan benar menggunakan kaidah tajwid, khususnya hukum bacaan ra dan lam jallah.

Aktivitas 1: Pengenalan Tajwid dan Hukum Bacaan Ra dan Lam Jallah

  1. Diskusikan bersama peserta didik tentang pentingnya membaca Al-Qur'an dengan benar menggunakan tajwid.
  2. Jelaskan konsep hukum bacaan ra dan lam jallah, yaitu bagaimana cara membaca huruf 'ra' dan 'lam' ketika diikuti oleh huruf 'jim' ().

Aktivitas 2: Membaca Q.S. ar-Rum/30:41 dengan BenarBacakan ayat berikut kepada peserta didik:

  1. Mintalah peserta didik untuk membaca ayat tersebut satu per satu dengan pengucapan yang benar sesuai kaidah tajwid.
  2. Berikan penjelasan lebih lanjut tentang cara mengaplikasikan hukum bacaan ra dan lam jallah pada ayat ini.
  3. Diskusikan bersama tentang makna ayat ini.

Aktivitas 3: Membaca Q.S. Ibrahim/14:32 dengan BenarBacakan ayat berikut kepada peserta didik:

  1. Mintalah peserta didik untuk membaca ayat ini dengan pengucapan yang benar sesuai kaidah tajwid, khususnya menerapkan hukum bacaan ra dan lam jallah.
  2. Diskusikan makna ayat ini dan bagaimana pesan Allah dalam ayat ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Aktivitas 4: Membaca Q.S. az-Zukhruf/43:13 dengan BenarBacakan ayat berikut kepada peserta didik:

  1. Mintalah peserta didik untuk membaca ayat ini dengan benar sesuai kaidah tajwid, khususnya menerapkan hukum bacaan ra dan lam jallah.
  2. Diskusikan bersama tentang konteks ayat ini dalam Al-Qur'an dan pesan yang ingin disampaikan.

Aktivitas 5: Kebiasaan Membaca Al-Qur'an dengan Disiplin10. Diskusikan bersama tentang pentingnya membaca Al-Qur'an secara teratur dan disiplin.

  1. Ajak peserta didik untuk menjadikan membaca Al-Qur'an sebagai kebiasaan sehari-hari.
  2. Berikan tips untuk membantu peserta didik menjaga kebiasaan membaca Al-Qur'an, seperti menentukan jadwal tetap dan mencatat perkembangan.

Penutup:Ringkaslah pembelajaran hari ini dengan merangkum materi yang telah dipelajari. Berikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya jika ada yang masih belum jelas. Ingatkan peserta didik untuk terus berlatih membaca Al-Qur'an dengan benar dan disiplin.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun