Mohon tunggu...
Edy Susilo
Edy Susilo Mohon Tunggu... Guru

Guru sejak tahun 1993 menjadi Penyusun soal UASBN 2007,2008,2009,Guru dan kepala Sekolah prestasi, Instruktur Nasional Guru Pembelajar,Tim penilai Siswa Prestasi,Kordinator Penulis soal Olimpiade IPA SD Bengkulu Utara,Ketua KKKS dan PGRI Hulu Palik,Advokasi Kurikulum Merdeka Bengkulu Utara,Pengajar Praktik pada Program Guru Penggerak angkatan 7 Fasilitator PGP 11 BBGP Jawa Timur

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kisi Soal Asesmen IPAS Akhir Jenjang SD 2025

10 Maret 2025   18:00 Diperbarui: 10 Maret 2025   19:08 1877
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tahun Pelajaran 2024-2025 yang dimulai pada tanggal 15 Juli 2024, hampir memasuki fase akhir jenjang untuk kelas VI SD. Oleh sebab itu sekolah diharapakan mempersiapkan kisi soal agar soal yang diasesmenkan sesuai dengan Capaian Pembelajaran, Materi , Tujuan Pembelajaran. Kami membuat kisi-kisi IPAS kelas V jenjang SD sepeerti pada tabel di bawah ini .Kisi IPAS 2025 Kelas VI

Asesmen  berfungsi

  • Membantu guru mengetahui kemampuan dan kesulitan siswa
  • Membantu guru merancang program pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa
  • Memantau perkembangan proses pembelajaran
  • Mengecek pemenuhan capaian pembelajaran
  • Memberikan nilai atas proses dan hasil pembelajaran
  • Memastikan ketercapaian tujuan pembelajaran

KISI-KISI MATA PELAJARAN IPAS ASESMEN AKHIR JENJANBG SDN 162 BENGKULU UTARA

Kisi IPAS 2025

NO

KELAS

RUANG LINGKUP MATRERI

TUJUAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

SOAL  PG

KUNCI

1

IV

Panca Indra

4.1. Siswa menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh manusia (panca indera)

1.Disajikan gambar paruh burung peserta didik dapat menganalisis jensi makanannay

1

2

IV

Energi dan Perubahannya

4.6. Siswa menciptakan teknologi dengan prinsip-prinsip pesawat sederhana untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

2.Disajikan rangkaian pesawat sederhana peserta didik dapat menentukan pesawat sederhana yang tepat digunakan

2

3

IV

Bumi dan Alam Semesta

4.8. Siswa mendeskripsikan pengaruh siklus air dalam kehidupan sehari-hari

3. Disajikan gambar peserta didik dapat mendiskripsoiskan siklus air dalam kehidupan

3

4

IV

SEJARAH

4.18. Siswa menyelidiki peran tokoh dari wilayahnya pada masa lampau dalam memperjuangkan kemerdekaan

4. Peserta didik mampu menyebutkan peran tokoh di daerahnya pada masa perjuangan kemerdekaan

4

5

IV

Sosioligi

4.2. Siswa menjelaskan peran dan tanggung jawab manusia dalam kehidupan bermasyarakat

5.Disajikan tabel Peserta didik dapat menjelaskan peran sebagai anggota masyarakat.

5

6

V

Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan

5.1. Siswa mendeskripsikan struktur, fungsi, dan proses kerja organ utama dalam sistem pencernaan menggunakan model yang dibuat sendiri.

6.Disajian gambar organ pencernaan pesera didik  dapat mendiskripsian proses pencernaan makanan.

6

7

Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan

5.1. Siswa mendeskripsikan struktur, fungsi, dan proses kerja organ utama dalam sistem pencernaan menggunakan model yang dibuat sendiri.

7.Disajian gambar organ pencernaan pesera didik  dapat mendiskripsian proses pencernaan makanan.

7

8

V

Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan

5.5. Siswa mengidentifikasi penyakit yang berhubungan dengan sistem organ tubuh manusia dan usaha pencegahannya

8.Disajikan berbagai data macam jenis penyakit sistem organ tubuh manusia peserta didik dapat mengidentiifikasikan penyakit yang berhubungan dengan sistem organ tubuh manusia

8

9

V

Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan

5.5. Siswa mengidentifikasi penyakit yang berhubungan dengan sistem organ tubuh manusia dan usaha pencegahannya

9.Disajikan berbagai data macam jenis penyakit sistem organ tubuh manusia peserta didik dapat mengidentiifikasikan penyakit yang berhubungan dengan sistem organ tubuh manusia

9.

10

V

Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan

5.5. Siswa mengidentifikasi penyakit yang berhubungan dengan sistem organ tubuh manusia dan usaha pencegahannya

10.Disajikan berbagai data macam jenis penyakit organ tubuh manusia peserta didik dapat mengidentiifikasikan  pencegahannya penyakit

10

11

V

Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan

5.5. Siswa mengidentifikasi penyakit yang berhubungan dengan sistem organ tubuh manusia dan usaha pencegahannya

11.Disajikan berbagai data macam jenis penyakit organ tubuh manusia peserta didik dapat mengidentiifikasikan  pencegahannya penyakit

11

12

V

Ekonomi

5.21. Siswa mengidentifikasi sumber daya alam dari daerah tempat tinggalnya yang memiliki nilai ekonomi

12.Disajikan data gambar sumber daya alam peserta didik dapat menidentifikasi sumber daya alam yang ada di daerahnya

12

13

V

Ekonomi

5.21. Siswa mengidentifikasi sumber daya alam dari daerah tempat tinggalnya yang memiliki nilai ekonomi

13.Disajikan data gambar sumber daya alam peserta didik dapat menidentifikasi sumber daya alam yang ada di daerahnya

13

14

V

Geografi

5.18. Siswa mengidentifikasi bagian-bagian yang menyusun peta.

14. Disajikan data peta peserta didik dapat menidetifikasi dalam penyususnan peta

14

15

V

Geografi

5.18. Siswa mengidentifikasi bagian-bagian yang menyusun peta.

15. Disajikan data peta peserta didik dapat menidetifikasi dalam penyususnan peta

15

16

V

Geografi

5.18. Siswa mengidentifikasi bagian-bagian yang menyusun peta.

16. Disajikan data peta peserta didik dapat menidetifikasi dalam penyususnan peta

16

17

V

Sejarah

5.22. Siswa menganalisis faktor penyebab dan pengaruh pendudukan bangsa asing terhadap keragaman tradisi, agama, dan bahasa di Indonesia saat ini.

17.Disajikan data peserta didik pengaruh penbdudukan bangsa asing terhadap keragaman

17

18

V

Sejarah

5.22. Siswa menganalisis faktor penyebab dan pengaruh pendudukan bangsa asing terhadap keragaman tradisi, agama, dan bahasa di Indonesia saat ini.

18.Disajikan data peserta didik pengaruh penbdudukan bangsa asing terhadap keragaman

18

19

VI

Perkembangan Masa Pubeetas

6.1. Siswa mengamati dan mendata ciri pubertas yang muncul pada dirinya.

19. Anak dapat menuliskan ciri pubertas pada anak laki-laki atau perempuan

19

20

VI

Perkembangan Masa Pubeetas

6.1. Siswa mengamati dan mendata ciri pubertas yang muncul pada dirinya.

20. Anak dapat menuliskan ciri pubertas pada anak laki-laki atau perempuan

20

21

VI

Listrik  dan kehidupan

6.4. Siswa membandingkan jenis-jenis rangkaian listrik yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari

21.Disajikan gambar dua gambar rangkaian liastrik peserta didik dapat membandingkan keuntungan dalam kehidupan sehari-hari

21

22

VI

Listrik  dan kehidupan

6.4. Siswa membandingkan jenis-jenis rangkaian listrik yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari

22.Disajikan gambar dua gambar rangkaian liastrik peserta didik dapat membandingkan keuntungan dalam kehidupan sehari-hari

22

23

VI

Listrik dan kehidupan

6.5. Siswa mendemonstrasikan pembuatan rangkaian listrik sederhana

23.Disajikan gambar-ganbar rangkain listrik peserta didik dapat menemutunjukkan rangkaian campuran

23

24

VI

Listrik dan kehidupan

6.5. Siswa mendemonstrasikan pembuatan rangkaian listrik sederhana

24.Disajikan gambar-ganbar rangkain listrik peserta didik dapat menemutunjukkan rangkaian campuran

24

25

VI

Tata Surya

6.6. Siswa mengidentifikasi planet-planet anggota tata surya

25.Disajikan gambar susunan tata surya peserta didik dapat mengidentifikasi planet dalam tata surya

25

26

VI

Tata Surya

6.6. Siswa mengidentifikasi planet-planet anggota tata surya

10.Disajikan gambar susunan tata surya peserta didik dapat mengidentifikasi planet dalam tata surya

26

27

VI

Tata Surya

6.8. Siswa menganalisis akibat dari gerakan bumi, bulan mengelilingi matahari.

26.Disajikan gambar-gambar fenomena alam peserta didik dapat menemutunjukan gejala alam dalam tata surya

27

28

VI

Tata Surya

6.8. Siswa menganalisis akibat dari gerakan bumi, bulan mengelilingi matahari.

27.Disajikan gambar-gambar fenomena alam peserta didik dapat menemutunjukan gejala alam dalam tata surya

28

29

VI

Geografi

6.9. Siswa mengidentifikasi koordinat lintang dan bujur wilayahnya dalam peta.

28. Disajikan gambar kordinat wilayah menemutunjukka

29

30

VI

Geografi

6.10. Siswa menganalisis batas-batas wilayahnya dengan daerah lain

29. Disajikan Gambar peta wilayah peserta didik dapat menemutunjukkan batas wilayah

30

Kisi-kisi yang kami buat belum sempurna semoga kisi-kisi Asesmen IPAS akhir Jenjang SD ini ada manfaatnya bagi Bapak Ibu Guru SD. Salam sehat dan bahagia untuk semua guru di Indonesia
#tergerak
#bergerak
#mennnegrakkan

Penulis Kepala SDN 162 Bengkulu Utara- Fasilitator PGP 11 BBGP Jawa timur

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
  14. 14
  15. 15
  16. 16
  17. 17
  18. 18
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun