Tahun Pelajaran 2024-2025 yang dimulai pada tanggal 15 Juli 2024, hampir memasuki fase akhir jenjang untuk kelas VI SD. Oleh sebab itu sekolah diharapakan mempersiapkan kisi soal agar soal yang diasesmenkan sesuai dengan Capaian Pembelajaran, Materi , Tujuan Pembelajaran. Kami membuat kisi-kisi IPAS kelas V jenjang SD sepeerti pada tabel di bawah ini .Kisi IPAS 2025 Kelas VI
Asesmen  berfungsi
- Membantu guru mengetahui kemampuan dan kesulitan siswa
- Membantu guru merancang program pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa
- Memantau perkembangan proses pembelajaran
- Mengecek pemenuhan capaian pembelajaran
- Memberikan nilai atas proses dan hasil pembelajaran
- Memastikan ketercapaian tujuan pembelajaran
KISI-KISI MATA PELAJARAN IPAS ASESMEN AKHIR JENJANBG SDN 162 BENGKULU UTARA
NO
KELAS
RUANG LINGKUP MATRERI
TUJUAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
SOAL Â PG
KUNCI
1
IV
Panca Indra
4.1. Siswa menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh manusia (panca indera)
1.Disajikan gambar paruh burung peserta didik dapat menganalisis jensi makanannay
1
2
IV
Energi dan Perubahannya
4.6. Siswa menciptakan teknologi dengan prinsip-prinsip pesawat sederhana untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
2.Disajikan rangkaian pesawat sederhana peserta didik dapat menentukan pesawat sederhana yang tepat digunakan
2
3
IV
Bumi dan Alam Semesta
4.8. Siswa mendeskripsikan pengaruh siklus air dalam kehidupan sehari-hari
3. Disajikan gambar peserta didik dapat mendiskripsoiskan siklus air dalam kehidupan
3
4
IV
SEJARAH
4.18. Siswa menyelidiki peran tokoh dari wilayahnya pada masa lampau dalam memperjuangkan kemerdekaan
4. Peserta didik mampu menyebutkan peran tokoh di daerahnya pada masa perjuangan kemerdekaan
4
5
IV
Sosioligi
4.2. Siswa menjelaskan peran dan tanggung jawab manusia dalam kehidupan bermasyarakat
5.Disajikan tabel Peserta didik dapat menjelaskan peran sebagai anggota masyarakat.
5
6
V
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
5.1. Siswa mendeskripsikan struktur, fungsi, dan proses kerja organ utama dalam sistem pencernaan menggunakan model yang dibuat sendiri.
6.Disajian gambar organ pencernaan pesera didik  dapat mendiskripsian proses pencernaan makanan.
6
7
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
5.1. Siswa mendeskripsikan struktur, fungsi, dan proses kerja organ utama dalam sistem pencernaan menggunakan model yang dibuat sendiri.
7.Disajian gambar organ pencernaan pesera didik  dapat mendiskripsian proses pencernaan makanan.
7
8
V
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
5.5. Siswa mengidentifikasi penyakit yang berhubungan dengan sistem organ tubuh manusia dan usaha pencegahannya
8.Disajikan berbagai data macam jenis penyakit sistem organ tubuh manusia peserta didik dapat mengidentiifikasikan penyakit yang berhubungan dengan sistem organ tubuh manusia
8
9
V
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
5.5. Siswa mengidentifikasi penyakit yang berhubungan dengan sistem organ tubuh manusia dan usaha pencegahannya
9.Disajikan berbagai data macam jenis penyakit sistem organ tubuh manusia peserta didik dapat mengidentiifikasikan penyakit yang berhubungan dengan sistem organ tubuh manusia
9.
10
V
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
5.5. Siswa mengidentifikasi penyakit yang berhubungan dengan sistem organ tubuh manusia dan usaha pencegahannya
10.Disajikan berbagai data macam jenis penyakit organ tubuh manusia peserta didik dapat mengidentiifikasikan  pencegahannya penyakit
10
11
V
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
5.5. Siswa mengidentifikasi penyakit yang berhubungan dengan sistem organ tubuh manusia dan usaha pencegahannya
11.Disajikan berbagai data macam jenis penyakit organ tubuh manusia peserta didik dapat mengidentiifikasikan  pencegahannya penyakit
11
12
V
Ekonomi
5.21. Siswa mengidentifikasi sumber daya alam dari daerah tempat tinggalnya yang memiliki nilai ekonomi
12.Disajikan data gambar sumber daya alam peserta didik dapat menidentifikasi sumber daya alam yang ada di daerahnya
12
13
V
Ekonomi
5.21. Siswa mengidentifikasi sumber daya alam dari daerah tempat tinggalnya yang memiliki nilai ekonomi
13.Disajikan data gambar sumber daya alam peserta didik dapat menidentifikasi sumber daya alam yang ada di daerahnya
13
14
V
Geografi
5.18. Siswa mengidentifikasi bagian-bagian yang menyusun peta.
14. Disajikan data peta peserta didik dapat menidetifikasi dalam penyususnan peta
14
15
V
Geografi
5.18. Siswa mengidentifikasi bagian-bagian yang menyusun peta.
15. Disajikan data peta peserta didik dapat menidetifikasi dalam penyususnan peta
15
16
V
Geografi
5.18. Siswa mengidentifikasi bagian-bagian yang menyusun peta.
16. Disajikan data peta peserta didik dapat menidetifikasi dalam penyususnan peta
16
17
V
Sejarah
5.22. Siswa menganalisis faktor penyebab dan pengaruh pendudukan bangsa asing terhadap keragaman tradisi, agama, dan bahasa di Indonesia saat ini.
17.Disajikan data peserta didik pengaruh penbdudukan bangsa asing terhadap keragaman
17
18
V
Sejarah
5.22. Siswa menganalisis faktor penyebab dan pengaruh pendudukan bangsa asing terhadap keragaman tradisi, agama, dan bahasa di Indonesia saat ini.
18.Disajikan data peserta didik pengaruh penbdudukan bangsa asing terhadap keragaman
18
19
VI
Perkembangan Masa Pubeetas
6.1. Siswa mengamati dan mendata ciri pubertas yang muncul pada dirinya.
19. Anak dapat menuliskan ciri pubertas pada anak laki-laki atau perempuan
19
20
VI
Perkembangan Masa Pubeetas
6.1. Siswa mengamati dan mendata ciri pubertas yang muncul pada dirinya.
20. Anak dapat menuliskan ciri pubertas pada anak laki-laki atau perempuan
20
21
VI
Listrik  dan kehidupan
6.4. Siswa membandingkan jenis-jenis rangkaian listrik yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari
21.Disajikan gambar dua gambar rangkaian liastrik peserta didik dapat membandingkan keuntungan dalam kehidupan sehari-hari
21
22
VI
Listrik  dan kehidupan
6.4. Siswa membandingkan jenis-jenis rangkaian listrik yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari
22.Disajikan gambar dua gambar rangkaian liastrik peserta didik dapat membandingkan keuntungan dalam kehidupan sehari-hari
22
23
VI
Listrik dan kehidupan
6.5. Siswa mendemonstrasikan pembuatan rangkaian listrik sederhana
23.Disajikan gambar-ganbar rangkain listrik peserta didik dapat menemutunjukkan rangkaian campuran
23
24
VI
Listrik dan kehidupan
6.5. Siswa mendemonstrasikan pembuatan rangkaian listrik sederhana
24.Disajikan gambar-ganbar rangkain listrik peserta didik dapat menemutunjukkan rangkaian campuran
24
25
VI
Tata Surya
6.6. Siswa mengidentifikasi planet-planet anggota tata surya
25.Disajikan gambar susunan tata surya peserta didik dapat mengidentifikasi planet dalam tata surya
25
26
VI
Tata Surya
6.6. Siswa mengidentifikasi planet-planet anggota tata surya
10.Disajikan gambar susunan tata surya peserta didik dapat mengidentifikasi planet dalam tata surya
26
27
VI
Tata Surya
6.8. Siswa menganalisis akibat dari gerakan bumi, bulan mengelilingi matahari.
26.Disajikan gambar-gambar fenomena alam peserta didik dapat menemutunjukan gejala alam dalam tata surya
27
28
VI
Tata Surya
6.8. Siswa menganalisis akibat dari gerakan bumi, bulan mengelilingi matahari.
27.Disajikan gambar-gambar fenomena alam peserta didik dapat menemutunjukan gejala alam dalam tata surya
28
29
VI
Geografi
6.9. Siswa mengidentifikasi koordinat lintang dan bujur wilayahnya dalam peta.
28. Disajikan gambar kordinat wilayah menemutunjukka
29
30
VI
Geografi
6.10. Siswa menganalisis batas-batas wilayahnya dengan daerah lain
29. Disajikan Gambar peta wilayah peserta didik dapat menemutunjukkan batas wilayah
30
Kisi-kisi yang kami buat belum sempurna semoga kisi-kisi Asesmen IPAS akhir Jenjang SD ini ada manfaatnya bagi Bapak Ibu Guru SD. Salam sehat dan bahagia untuk semua guru di Indonesia
#tergerak
#bergerak
#mennnegrakkan
Penulis Kepala SDN 162 Bengkulu Utara- Fasilitator PGP 11 BBGP Jawa timur
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI