Mohon tunggu...
Edy Siswanto
Edy Siswanto Mohon Tunggu... Guru - Doktor Bidang Manajemen Kependidikan dan Ketua Umum Perkumpulan Pendidik Vokasi Indonesia-Ikatan Guru Vokasi Indonesia Maju (PPVI-IGVIM)

Penulis, dan pemerhati politik pendidikan. Pembelajar, berkelana mencari ilmu dan dakwah membangun generasi khairu ummah..

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Dr. Edy Siswanto, Wisudawan Cumlaude Program Doktor Manajemen Kependidikan UNNES IPK: 4,00

19 Februari 2024   23:04 Diperbarui: 20 Februari 2024   08:55 115
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dr. Edy Siswanto, S.Pd., M.Pd. menjadi wisudawan cumlaude IPK 4,00 masa studi 3,2 tahun pada Program Studi Doktor Manajemen Kependidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Semarang (SPS UNNES). Penyerahan Ijazah dan Penghargaan wisudawan cumlaude diberikan oleh Direktur SPS UNNES, Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum. Selasa, 6 Pebruari 2024. Pada acara wisuda ke-119, Tahun akademik 2023/2024 yang dilaksanakan di Gedung Auditorium Prof. Wuryanto, Kampus UNNES, Sekaran-Gunung Pati, Semarang. 

Sebelumnya Dr. Edy Siswanto, S.Pd., M.Pd. sukses mengikuti sidang terbuka promosi Doktor Manajemen Kependidikan SPS UNNES, Tanggal 14 November 2023. Dengan topik riset kajian TEFA, menghasilkan model manajemen MTF-5P Berorientasi Pengembangan Kecakapan Kewirausahaan (Kerisku) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dengan mengambil subjek penelitian di enam SMK yang ditunjuk oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbudristek RI), menjadi Piloting Project penerapan TEFA. 

Sebuah capaian luar biasa bagi seorang guru SMK. Kabarnya tercatat sebagai guru SMK pertama, dan satu-satunya yang bergelar Doktor Manajemen Kependidikan Vokasional di Cabdin XIII, bahkan di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah.

Doc. Pribadi Edy Siswanto
Doc. Pribadi Edy Siswanto

Prestasi lain Dr. Edy Siswanto, S.Pd., M.Pd. selama studi tiga tahun terakhir ini, adalah menghasilkan 5 buku, 15 buku antologi dan 18 artikel karya ilmiah artikel jurnal baik nasional maupun internasional, lima diantaranya terindeks scopus. Beliau juga mendapatkan hibah penelitian selama studi dari SPS UNNES dan Hibah Penelitian Disertasi Doktor (PDD) dari Kemendikbudristek RI di tahun 2022.

Selain Disertasinya tersebut Dr. Edy Siswanto, S.Pd., M.Pd. juga menyumbangkan tiga karya ilmiah internasional terindeks scopus pada seminar internasional AIP Proceeding UNNES dan ICEEBS UNNES tahun 2021. Yang dimuat di jurnal terindeks scopus Q2 dengan judul : The role of psychological security climate, leadership, and self-efficacy on teachers capability through knowledge management. Artikel "The Role of Transformational Leadership, Work Environment, Motivation on Job Satisfaction and Teachers Performance of Vocational Schools". Dan satu artikel yang akan terindesk scopus berjudul : The Effect of The Application of The Learning Model 6 STEP Teaching Factory (TF-6M) and Achieevments Learning Entrepreneurship on Interest Entrepreneurs For Vocational Students

"Orang boleh berilmu setinggi langit, namun akan hilang dalam peradaban jika tidak menulis". "Menulis adalah bekerja untuk keabadian". Demikaian ucapan dari seorang sastrawan besar Pramoedya Anantya Tour. Sebuah pepatah yang selalu diingat dan memotivasi Dr. Edy Siswanto, S.Pd.,M.Pd. Dari sinilah selama menjalani studi, Dr. Edy Siswanto, S.Pd., M.Pd., sangat produktif menulis buku, artikel ilmiah dan publikasi ke jurnal internasional bereputasi. 

Doc. Pribadi Edy Siswanto
Doc. Pribadi Edy Siswanto

Selain menulis buku dan artikel ilmiah, sebagai guru di SMK Negeri 4 Kendal, Dr. Edy Siswanto, S.Pd., M.Pd., juga seorang aktivis dengan segudang kegiatan. Diantaranya sebagai Ketua Umum Perkumpulan Pendidik Vokasi Indonesia-Ikatan Guru Vokasi Indonesia Maju (PPVI-IGVIM). Sebagai ketua MGMP Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMK Kabupaten Kendal. Selain sebagai Narasumber Berbagi Praktik Baik Kemendikbudristek RI (2023). Calon Guru Penggerak Angkatan 9 tahun 2023-2024, dan calon Praktisi Mengajar batch 4 tahun 2024 di UNS, UNNES, dan UNISVET. 

Pemegang 7 (Tujuh) Hak Kekayaan Intelektual (HKI) diantaranya HKI Buku "Bunga Rampai Pemikiran Pendidikan", Buku "Pengembangan Kebijakan Pendidikan dalam Tinjauan Polkumeksosbud", Buku "Supervisi Pendidikan, Menjadi Supervisor yang Ideal", Artikel : "Ketuntasan Belajar Melalui Adopsi Inovasi, Pembelajaran Pilot Project Dalam Meningkatkan Keterampilan Berwirausaha". Buku : "Model Pembelajaran". Buku : "Manajemen Resiko di Era Digital", dan Buku : "Manajemen Pendidikan". 

Biodata singkat Dr. Edy Siswanto, S.Pd., M.Pd. selain Praktisi Pendidikan, dan ketua dari berbagai organisasi profesi guru, dan Guru Vokasi PNS SMK Negeri 4 Kendal, mengajar di SMK Teknik Kendaraan Ringan Otomotif sudah 25 tahun (sejak kuliah S1 semester 3). Selain pakar bidang Manajemen Kependidikan dan Pendidikan Teknologi Kejuruan (Vokasional), menggeluti masalah Kebijakan dan Politik Pendidikan, Filsafat Pendidikan, Media Pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Information Technology (IT) dan Pendidikan Vokasional Teknik Otomotif. 

Doc. Pribadi Edy Siswanto
Doc. Pribadi Edy Siswanto

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun