Mohon tunggu...
edward apriadi
edward apriadi Mohon Tunggu... Anak pertama dari Empat Bersaudara

lahir di Blmbangan Umpu Way Kanan 09 April 1975, Anak Dua

Selanjutnya

Tutup

Birokrasi Pilihan

Hegemoni Adipati di Tengah Dramatisnya Pilkada Way Kanan 2020

2 Maret 2021   14:02 Diperbarui: 2 Maret 2021   15:20 200 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hegemoni Adipati di Tengah Dramatisnya Pilkada Way Kanan 2020
( EDWAR APRIADI - WAKIL KETUA DPD KNPI WAY KANAN)

Telah dilantik secara resmi oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi , Bupati Dan Wakil Bupati Way Kanan H.Raden Adipati Surya, S.H., M.M dan Drs. Ali Rahman, M.T pada Hari Jum'at 26 Februari 2021 yang lalu, yang diketahui pasangan yang berjargaon Berani Pasti Aman itu merupakan pemenang Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Way Kanan 09 Desember 2020 yang lalu yang ditetapkan melalui pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kabupaten untuk pemilihan bupati dan wakil bupati Way Kanan hari ini Selasa 15 Desember 2020 Oleh KPUD setempat.

Dengan perolehan Suara 177.222 (74,79 %) pasanganRaden Adipati Surya -- Ali Rahman mengungguli pasangan Hi.Juprius,SE -- Dr Hj Rina Marlina MSi yang hanya memperoleh 59.342 Suara ( 25,21%).

Dengan kemenangan di seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Way Kanan merupakan catatan Baru bagi sejarah Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Way Kanan, selanjutnya pada tanggal 21 Januari 2021 melalui Rapat Pleno, KPUD Way Kanan menetapkan pasangan H. Raden Adipati Surya -- Drs. Ali Rahman sebagai Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Pilkada 2020.

Penetapan Calon terpilih didasarkan pada Berita Acara dan Sertifikat Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara dari Setiap Kecamatan di Tingkat Kabupaten dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020 Kabupaten Way Kanan Nomor 229/PL.02.6-BA/1808/KPU-Kab/XII/2020 tanggal 15 Desember 2020 dimana Calon Bupati Hi. Raden Adipati Surya, S.H., M.M -- Drs. Ali Rahman, M.T dengan Nomor Urut 2 yang diusung Partai Demokrat, PKB, Nasdem, PAN, Golkar, PKS dan Hanura memperolehan Suara 177.222.

Walaupun semua sudah diputuskan resmi Bupati Dan Wakil Bupati Way Kanan 2021-2024, bila melihat kebelakangan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Way Kanan Tahun 2020 memunculkan drama politik yang cukup Dramatis, betapa tidak sejak awal masyarakat Kabupaten ini disuguhkan sejulah pasangan bakal calon yakni Juprius -- Juanda, Rina Marlina - Hasbi Aska dan Raden Adipati Surya -- Edwar Antony.

Setelah deklarasi dan kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi diberbagai daerah di wilayah Kabupaten Way Kanan, drama politik muncul dengan bercerainya pasangan Juprius -- Juanda, Rina Marlina - Hasbi Aska, keputusan politik akhirnya memunculkan pasangan Juprius sebagai calon Bupati dan Rina Marlina sebagai calon Wakil Bupati.

Dengan bercerainya Juprius -- Juanda, Rina Marlina - Hasbi Aska memunculkan berbagai polemic khususnya dikalangan simpatisan dan pendukung Hasbi Aska, sejumlah pendukung beramai ramai menurunkan Alat peraga sosialisasi Rina Marlina - Hasbi Aska yang berjargon " Berhias".

Pencopotan Alat Peraga sosialisasi "Berhias" diungkapkan oleh simpatisan dan pendukung Hasbi Aska merupakan bagian dari bentuk kekecewaan relawan Hasbi Azka atas bergabungnya Rina Marlina menjadi bakal calon wakil Juprius dalam Pilkada Way Kanan.

Selanjutnya pada saat itu pasangan Raden Adipati Surya -- Edwar Antony terus menuai dukungan hal itu terlihat dengan bermunculan sejumlah relawan non partai politik yang berkomitmen memenangkan pasangan yang berjargon Berani itu untuk memimpin Kabupaten Way Kanan untuk kedua kalinya.

Tertanggal Lima Partai Non Parlemen (PNP) yang menyatakan dukungan kepada Bakal Calon Bupati dan Bakal Calon Wakil Bupati Petahana Way Kanan Raden Adipati Surya dan Edward Anthony

Kelima Partai Non Parlemen tersebut yakni Partai Berkarya, Partai Persatuan Pembangunan ( PPP), Perindo, PBB, serta PSI.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN