Mohon tunggu...
M FIRDAUS
M FIRDAUS Mohon Tunggu... https://edukasiempatnol.com

CEO & Founder Edukasi 4.0

Selanjutnya

Tutup

Transportasi

Manfaat Teknologi dalam Meningkatkan Pelayanan Transportasi

6 Februari 2020   07:59 Diperbarui: 6 Februari 2020   08:06 235 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Manfaat Teknologi dalam Meningkatkan Pelayanan Transportasi
investor.id

Fakta sederhana tentang iklim bisnis saat ini adalah bahwa teknologi dan inovasi mendorong masa depan banyak industri. Salah satunya termasuk industri transportasi umum. 

Banyak agen mulai mengintegrasikan perangkat lunak manajemen transit dan teknologi modern ke dalam operasi transit mereka untuk memenuhi permintaan pengendara dan menciptakan pendekatan yang lebih berpusat pada pelanggan untuk beraktifitas. Keuntungan dari melakukan transisi ini dapat menyebabkan perubahan positif yang dapat membawa efisiensi operasional ke tingkat berikutnya.

Para pakar telah menguraikan 4 keuntungan utama yang dilihat oleh pelaku industri transportasi dari integrasi teknologi saat ini.

Menekan biaya operasional dan efisiensi waktu

Sebagai salah satu operator pelabuhan yang menaungi 43 pelabuhan di 7 provinsi berbeda, Pelindo III memiliki tantangan untuk bisa terus memberikan layanan optimal kepada para para pengguna jasanya. 

Salah satunya dalam kemudahan koordinasi hingga efisiensi waktu dan biaya operasional bongkar muat di pelabuhan. Salah satu terobosan yang dihadirkan Pelindo III adalah aplikasi pelayanan sandar dan labuh kapal bernama VASA. 

Aplikasi ini merupakan program pelayanan kapal yang mengakomodir pencatatatan perencanaan, realisasi, dan administrasi pelayanan kapal secara tepat dan tepat sesuai dengan standar prosedur operasi di wilayah kerja Pelindo III.

Direktur Utama Pelindo III Doso Agung mengatakan, aplikasi VASA ini diluncurkan untuk membuat standardisasi proses layanan kapal di seluruh pelabuhan di wilayah kerja Pelindo III, sehingga proses perencanaan sandar kapal yang akan disusun oleh pengguna jasa lebih mudah. Hal ini berdampak langsung pada efisiensi waktu dan biaya proses sandar hingga bongkar muat kapal.

Memastikan keamanan bertransportasi dan menyajikan data real time

"Aplikasi VASA kita sudah terintegrasi langsung dengan layanan TOS  barang dan petikemas serta portal customer punya kita yang telah beroperasi sebelumnya sehingga memudahkan pengguna jasa kita bisa melakukan perencanaan atau Planner panjang masa tambat kapal. 

Selain itu VASA juga telah diintegrasikan dengan SAP laporan bisa dibuat dengan cepat dan bisa tercapai one day billing," jelas Doso Agung.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x