Mohon tunggu...
M FIRDAUS
M FIRDAUS Mohon Tunggu... Konsultan - https://edukasiempatnol.com

CEO & Founder Edukasi 4.0

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Manfaat Teknologi dalam Meningkatkan Pelayanan Transportasi

6 Februari 2020   07:59 Diperbarui: 6 Februari 2020   08:06 769
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Fakta sederhana tentang iklim bisnis saat ini adalah bahwa teknologi dan inovasi mendorong masa depan banyak industri. Salah satunya termasuk industri transportasi umum. 

Banyak agen mulai mengintegrasikan perangkat lunak manajemen transit dan teknologi modern ke dalam operasi transit mereka untuk memenuhi permintaan pengendara dan menciptakan pendekatan yang lebih berpusat pada pelanggan untuk beraktifitas. Keuntungan dari melakukan transisi ini dapat menyebabkan perubahan positif yang dapat membawa efisiensi operasional ke tingkat berikutnya.

Para pakar telah menguraikan 4 keuntungan utama yang dilihat oleh pelaku industri transportasi dari integrasi teknologi saat ini.

Menekan biaya operasional dan efisiensi waktu

Sebagai salah satu operator pelabuhan yang menaungi 43 pelabuhan di 7 provinsi berbeda, Pelindo III memiliki tantangan untuk bisa terus memberikan layanan optimal kepada para para pengguna jasanya. 

Salah satunya dalam kemudahan koordinasi hingga efisiensi waktu dan biaya operasional bongkar muat di pelabuhan. Salah satu terobosan yang dihadirkan Pelindo III adalah aplikasi pelayanan sandar dan labuh kapal bernama VASA. 

Aplikasi ini merupakan program pelayanan kapal yang mengakomodir pencatatatan perencanaan, realisasi, dan administrasi pelayanan kapal secara tepat dan tepat sesuai dengan standar prosedur operasi di wilayah kerja Pelindo III.

Direktur Utama Pelindo III Doso Agung mengatakan, aplikasi VASA ini diluncurkan untuk membuat standardisasi proses layanan kapal di seluruh pelabuhan di wilayah kerja Pelindo III, sehingga proses perencanaan sandar kapal yang akan disusun oleh pengguna jasa lebih mudah. Hal ini berdampak langsung pada efisiensi waktu dan biaya proses sandar hingga bongkar muat kapal.

Memastikan keamanan bertransportasi dan menyajikan data real time

"Aplikasi VASA kita sudah terintegrasi langsung dengan layanan TOS  barang dan petikemas serta portal customer punya kita yang telah beroperasi sebelumnya sehingga memudahkan pengguna jasa kita bisa melakukan perencanaan atau Planner panjang masa tambat kapal. 

Selain itu VASA juga telah diintegrasikan dengan SAP laporan bisa dibuat dengan cepat dan bisa tercapai one day billing," jelas Doso Agung.

"Yang juga memberi manfaat, aplikasi ini terkoneksi dengan AIS sehingga kita bisa mendeteksi kapal yang ada di area pelabuhan," tambah Doso Agung. Direktur Utama Pelindo III Doso Agung mengatakan jika segala inovasi teknologi yang dilakukan Pelindo III merupakan bagian dari upaya perusahaan agar terus relevan pada perkembangan teknologi industri 4.0 yang menuntut segala macam pelayanan serba cepat, efisien, fleksibel, dan berbasis teknologi. Selain itu, layanan ini juga merupakan bukti kesiapan Pelindo III membangun sistem pelayanan dengan baik dan memiliki database yang mumpuni sehingga siap menjadi terdepan dalam pelayanan di bidang operasi kepelabuhanan di Indonesia.

Kesimpulannya, dengan menggabungkan perangkat lunak optimasi rute dan solusi teknologi canggih lainnya yang tersedia bagi mereka yang berada di industri transit, agen dapat membuat perubahan definitif untuk operasi transit kritis, pengembangan driver, keselamatan, kepuasan pelanggan dan dapat berdampak pada kinerja operasional dan efisiensi operasional untuk agen apa pun.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun