Mohon tunggu...
Edukasi Ikfar
Edukasi Ikfar Mohon Tunggu... Guru - Penggiat Pendidikan di Kutai Timur

Olahraga merupakan kegemaran yang saat ini sedang jarang sekali saya lakukan. Konten yang paling saya minati berkaitan tentang teknologi, otomotif, usaha peternakan dan Tausyah Agama.

Selanjutnya

Tutup

Parenting Pilihan

Kita Semua adalah Guru

8 November 2023   09:26 Diperbarui: 8 November 2023   10:10 110
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kelas A4. Pak Guru Pabrik menunjukkan pengolahan sawit (dok. pribadi)

Selasa, 7 November 2023 TK Tunas Harapan Kecamatan Telen Kabupaten Kutai Timur mengadakan kegiatan "Guest Teacher". Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Pertemuan dengan orang tua dalam tajuk Parenting yang rutin diadakan oleh TK Tunas Harapan setiap semester. Partisipan adalah 14 orang tua / wali murid yang ingin merasakan menjadi seorang Guru di Taman Kanak Kanak. Diharapkan melalui kegiatan semacam ini, semakin meningkatkan kesinambungan pembelajaran di Sekolah dengan pola asuh orang tua di rumah.

Kelas B1. mewarnai buah dan bunga (dok. pribadi)
Kelas B1. mewarnai buah dan bunga (dok. pribadi)
Salah satu peserta Guest Teacher adalah Pak Luqman Hakim, yang juga menjadi satu -- satunya Bapak yang berpartisipasi dalam kegiatan ini. Beliau merupakan karyawan pabrik kelapa sawit milik PT. Karyanusa Eka Daya, dan mengenalkan diri kepada peserta didik sebagai "Pak Guru Pabrik". Kegiatan pembelajaran diawali dengan salam penuh semangat dan membuat peserta didik melompat dan tertawa. Pak Guru Pabrik mengenalkan kepada anak -- anak mengenai proses hingga hasil pengolahan kelapa sawit secara kontekstual. Bahkan beliau juga membawa berbagai media pembelajaran agar siswa dapat lebih memahami materi yang dijelaskan. Beberapa media yang dibawa yakni : minyak CPO, kernel dan fiber (serabut kelapa sawit).
Kelas A3. Mengenalkan angka menggunakan bahan alam (dok. pribadi)
Kelas A3. Mengenalkan angka menggunakan bahan alam (dok. pribadi)

Kelas B2. Membuat kerajinan tangan (dok. pribadi)
Kelas B2. Membuat kerajinan tangan (dok. pribadi)
Tidak kalah dengan Pak Guru Pabrik, Ibu -- Ibu Guru peserta Guest Teacher juga semangat dalam mengajarkan ilmu kepada peserta didiknya. Ada yang mengajarkan lagu, mengenal angka, mengasah kemampuan motoric halus, hingga membuat kerajinan dari bahan bahan yang mudah ditemui. Respon dari peserta didik pun juga Nampak ceria dan antusias, yang dapat terlihat dari mereka menceritakan hal hal yang dilakukan di kelas kepada Bapak Ibu guru yang lain dan juga kepada Ibu -- Ibu Pengasuh TPA di Afdeling.
Kelas A2. Melatih motorik halus siswa (dok. pribadi)
Kelas A2. Melatih motorik halus siswa (dok. pribadi)

Kelas B3. Bermain Origami (dok. pribadi)
Kelas B3. Bermain Origami (dok. pribadi)
Ikfar Taufik selaku Kepala TK Tunas Harapan menyampaikan rasa terima kasih kepada Bapak Ibu peserta Guest Teacher karena telah mendukung berbagai kegiatan yang ada di sekolah. "Kita semua adalah guru, tidak harus di sekolah. Bapak dan Ibu sekalian selama ini juga sudah mengajarkan berbagai hal kepada anak -- anak Ketika di rumah. Puncak dari suatu Pendidikan adalah karakter. Untuk itu sangat penting tentunya kita memastikan Pendidikan terbaik untuk putra putri kita baik di sekolah maupun di rumah" ujar Pak Ikfar sebagai penutup wawancara.
Kelas A1. mengenalkan buah dengan gerak & lagu (dok. pribadi)
Kelas A1. mengenalkan buah dengan gerak & lagu (dok. pribadi)

Foto Bersama Tim Guru & Peserta Guest Teacher (dok. pribadi)
Foto Bersama Tim Guru & Peserta Guest Teacher (dok. pribadi)
Terdapat berbagai macam hal positif yang bisa dilakukan oleh orang tua dan guru untuk menumbuhkan pribadi unggul dalam diri putra putri mereka. Selain juga untuk menangkal berbagai pengaruh negative yang mereka terima baik itu dari media social ataupun lingkungan sekitar. Karakter yang baik harus dimiliki oleh generasi penerus bangsa ini. Semangat bagi para pejuang Pendidikan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun