Mohon tunggu...
Eduardus Fromotius Lebe
Eduardus Fromotius Lebe Mohon Tunggu... Dosen - Penulis dan Konsultan Skripsi

Menulis itu mengadministrasikan pikiran secara sistematis, logis, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Selanjutnya

Tutup

Analisis Pilihan

Mengapa Harus Mas Ganjar?

7 November 2021   07:05 Diperbarui: 10 November 2021   01:28 625 23 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ganjar Pranowo (sumber: cermati.com)

Oleh. Eduardus Fromotius Lebe

(Penulis, Konsultan Skripsi dan Dosen)


Tulisan ini di awali dengan judul berupa pertanyaan besar bagi setiap orang yang memiliki hak pilih di pilpres 2024. Banyak figur yang diberitakan di media masa sebagai calon potensial di pilpres 2024. Salah satunya adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Ganjar Pranowo merupakan salah satu kader PDI-P yang potensial maju di pilpres 2024. Nama Ganjar Pranowo moncer di beberapa hasil survei. Sering masuk tiga besar hasil survei sebagai figur potensial untuk calon presiden di 2024.

Berikut ini hasil survei calon presiden 2014 yang dilakukan oleh beberapa lembaga survei kredibel. 

1. Survei yang dilakukan oleh lembaga Poltracking yang menunjukkan tingkat keterpilihan Ganjar Pranowo tertinggi yaitu 18,2 persen. Disusul Prabowo Subianto dengan 17,1 persen dan Anies Baswedan dengan 10,2 persen. Selengkapnya bisa baca (sumber 1)

2. Survei Litbang Kompas dilakukan pada 26 September hingga 9 Oktober 2021. Menunjukkan elektabilitas Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo memiliki persentase yang sama dan berada posisi teratas dalam survei calon presiden untuk Pemilu 2024. Persentase elektabilitas Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo adalah 13,9 persen. Selengkapnya bisa baca (sumber 2)

3. Lembaga Survei Independen Nusantara (LSIN) melakukan survei kedelapan nama yang berpotensi maju pilpres 2024. Hasil survei menunjukkan Ganjar memperoleh elektabilitas sebesar 27%, Anies Baswedan 21%, dan Prabowo Subianto 14%. Selengkapnya bisa baca (sumber 3)

4. Hasil survei Center for Political Communication Studies (CPCS) menunjukkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menempati posisi pertama. Hasil survei CPCS itu menunjukkan tingkat elektabilitas Ganjar Pranowo sebesar 17,2 persen, sementara Prabowo Subianto 16,4 persen. Selengkapnya bisa baca (sumber 4)

5. Survei yang dilakukan oleh Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) untuk mengukur elektabilitas para tokoh untuk calon presiden 2024. Hasil survei menunjukkan dari simulasi pilihan semi terbuka 42 nama, Prabowo mendapat dukungan 18,1 persen, disusul Ganjar Pranowo 15,8 persen, dan Anies Baswedan 11,1 persen. Ganjar Pranowo berada di posisi kedua setelah Prabowo Subianto. Selengkapnya bisa baca (sumber 5)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan