Mohon tunggu...
Eduardus Fromotius Lebe
Eduardus Fromotius Lebe Mohon Tunggu... Dosen - Penulis dan Konsultan Skripsi

Menulis itu mengadministrasikan pikiran secara sistematis, logis, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Kontekstualisasi Belajar Efektif selama Pembelajaran Daring

15 Oktober 2021   06:13 Diperbarui: 24 Oktober 2021   16:25 353 31 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi Pembelajaran Daring (sumber: www.suara.com)

Oleh. Eduardus Fromotius Lebe

(Penulis, Konsultan Skripsi dan Dosen)

Selama masa pandemi covid-19, orang tua dihadapkan pada persoalan yang sulit. Perubahan peran orang tua dalam merespon penanganan masalah belajar anak datang secara tiba-tiba. Pembelajaran daring, menuntut peran yang lebih dari orang tua untuk mengatasi kendala belajar pada anak. Orang tua menjadi mentor utama dalam menggerakkan  belajar efektif bagi anak selama pembelajaran daring.

Suka atau tidak, orang tua harus menggantikan peran guru dalam mengarahkan siswa selama proses pembelajaran. Walaupun tidak menggantikan peran guru untuk mengajar, namun posisi orang tua sangat strategis untuk menciptakan suasana belajar yang efektif. Sebab, pembelajaran selama masa pandemi covid-19 berlangsung dari rumah.

Belajar efektif merujuk pada pola-pola belajar yang berhasil mencapai tujuan belajar peserta didik sebagaimana yang diharapkan oleh guru dan orang tua. Pengelolaan Pembelajaran yang efektif diantaranya mencakup beberapa hal seperti, pengelolaan tempat belajar, pengelolaan siswa, pengelolaan kegiatan pembelajaran, pengelolaan Isi/Materi dan pembelajaran pengelolaan sumber belajar. Selama pembelajaran daring, orang tua sekira juga dapat membackup peran guru dalam mengolah pembelajaran yang efektif.

Peran orang tua dalam membantu guru selama proses pembelajaran daring sangatlah penting. Mengingat mayoritas siswa melaksanakan pembelajaran daring dari rumah sendiri. Walaupun kita tahu juga banyak siswa yang mencari tempat diluar rumah karena beberapa alasan seperti akses signal terbatas atau ketiadaan paket internet.

Hal itu terjadi karena kesenjangan yang terjadi antara satu daerah dengan daerah yang lain. Persolan seperti yang diuraikan tersebut biasanya terjadi di pelosok-pelosok negeri yang belum tersentuh teknologi. Namun harus terpaksa mengikuti pembelajaran daring sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat akibat pandemi covid-19.

Terlepas dari persoalan yang ada, penulis mencoba memaklumi keadaan tersebut dan fokus pada peran orang tua dalam menciptakan belajar efektif pada anak di rumah. Orang tua bertanggung jawab penuh atas aktifitas belajar siswa selama penerapan pembelajaran daring. Oleh karena itu, keberhasilan siswa dalam belajar  selama pembelajaran daring sangat bergantung juga pada upaya pemerintah dalam menciptakan suasana belajar yang efektif.

Bimbingan Orang Tua (sumber: Surabaya.tribunnews.com)
Bimbingan Orang Tua (sumber: Surabaya.tribunnews.com)
Upaya Orang Tua dalam Menciptakan Belajar Efektif selama Pembelajaran Daring

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan