Mohon tunggu...
Edeline Nezia Putri
Edeline Nezia Putri Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Nama saya adalah Edeline Nezia Putri, kebanyakan orang memanggil saya Edeline. Saya adalah pelajar yang mempunyai impian yang besar.

Hobi saya adalah bernyanyi, menonton youtube, dan tidur.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Tidak selalu warna warni

26 Januari 2024   12:05 Diperbarui: 26 Januari 2024   12:08 88
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://www.canva.com/design/DAF69HNrgx0/HyKnenzR08Wdx0BNYlpNdg/edit?utm_content=DAF69HNrgx0&utm_campaign=designshare&utm_medium=link2&utm_source=shar

“Hidup ini tidak akan selalu dipenuhi dengan warna warni karena ada juga beberapa warna gelap yang menodai kita.”

“Tetaplah tenang, karena apa yang kamu alami akan membuatmu semakin naik.”

Apakah kalian pernah khawatir/ cemas saat terjadi suatu masalah? Kekhawatiran adalah hal yang manusiawi. Akan tetapi ika dibiarkan terus maka akan berdampak buruk pada mental kita. Sudah ada banyak orang kasus bunuh diri karena terlalu khawatir akan hidupnya sendiri. Orang-orang dapat khawatir saat nilai ujian akan diberitahu, barang miliknya hilang, berada di lingkungan yang buruk, dan sebagainya. Tidak hanya itu saja, orang-orang juga dapat khawatir ketika ada orang-orang yang membencinya / menjauhinya.

Hidup ini tidak akan selalu dipenuhi dengan warna warni karena ada juga beberapa warna gelap yang menodai kita. Artinya adalah tidak semua orang mau menyukai kita karena ada juga beberapa orang yang membenci kita dan ingin merendahkan kita.

Sejak saya masih sd, ada banyak teman-teman saya tidak menyukai saya seperti apa adanya. Dari hal ini, saya menganggap bahwa sekolah adalah tempat yang mengerikan dimana saat saya melakukan kesalahan kecil, saya akan langsung dilawan. Tentunya, hal itu membuat saya khawatir. Kekhawatiran yang saya alami membuat saya susah bergaul dengan banyak orang juga.

Namun sekarang, saya tahu bahwa masalah tersebut ingin membuat saya menjadi orang yang lebih kuat dan percaya diri. Saya tidak perlu menganggap diri saya tidak berguna karena ada yang membenci saya. Begitu juga dengan kalian, kalian tidak perlu khawatir dan menganggap kalian tidak berharga hanya karena ada beberapa orang yang membenci kalian. Kita tidak dapat membuat semua orang bahagia dan menyukai kita saat mengenali kita.

Mau orang tersebut menjatuhkan kita dengan perkataan/ tindakan, kita hanya harus tetap tenang. Jika selama ini ada orang-orang yang membenci kalian, kalian tidak harus membalas mereka hal itu dapat saja membuat kita makin naik. Hal ini sama seperti kutipan di atas tersebut. Ada banyak orang sukses yang berkata bahwa perkataan orang-orang yang membencinya membuat dia termotivasi untuk berusaha hingga menjadi sukses. Kalian hanya harus membuktikan kepada kalian bahwa perkataan mereka tentang kalian itu salah. Tetapi bukan berarti memaksa mereka untuk menyukai kita.

Ingatlah bahawa dibalik orang-orang yang membenci kita, masih ada beberapa orang juga yang mau berbuat baik, menyukai kita dan menerima kita apa adanya. Lalu bagaimana jika orang yang sama masih membenci kita? Kalian tidak perlu terlalu memikirkan orang tersebut dan kalian harus dapat mengasihi orang itu walaupun belum tentu membalas kebaikan kita dengan kebaikan juga. Mau sebanyak apa tindakan yang dilakukan oleh orang yang membenci kita, kita harus tetap mengampuni orang tersebut.

Kita semua lebih berharga daripada makhluk lainnya yang ada di bumi. Jadi kita tidak perlu berpikir bahwa perkataan orang-orang yang membenci kita selalu benar. Perkataan orang-orang yang membenci kita memang bukan untuk dipercayai tetapi membuat kita terdorong untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan berani. Mau seperti apa penampilan dan karakter kita, kita harus tetap mensyukuri hal tersebut walaupun ada yang berkata bahwa kita tidak sempurna.

Mengubah orang-orang yang membenci kita memang sulit tetapi sekali lagi jika kita tetap tenang dan selalu bersabar, kita tidak perlu sibuk mengurus mereka dan kita dapat lebih fokus untuk mengembangkan diri kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun