Mohon tunggu...
I Ketut Suweca
I Ketut Suweca Mohon Tunggu... Administrasi - Dosen - Pencinta Dunia Literasi

Kecintaannya pada dunia literasi membawanya suntuk berkiprah di bidang penulisan artikel dan buku. Baginya, hidup yang berguna adalah hidup dengan berbagi kebaikan, antara lain, melalui karya tulis.

Selanjutnya

Tutup

Financial Artikel Utama

Inilah Empat Sumber Penghasilan bagi Pensiunan!

12 September 2022   19:05 Diperbarui: 14 September 2022   11:08 1430 50 25
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Penisunan perlu menyiapkan dana pensiun yang cukup (Sumber gambar: Pexels)  

Pensiun merujuk para kondisi di mana orang tidak lagi melaksanakan tugasnya secara formal sebagai karyawan atau pegawai di perusahaan atau pemerintahan. Pensiun dicapai karena sudah batas usia pensiun atau permintaan pensiun dini. Orang yang sudah pensiun dikenal dengan sebutan pensiunan (retired).

Dalam artikel ini kita akan membahas perihal bagaimana pensiunan menyiasati masalah keuangannya. Bagaimana ia mendapatkan penghasilan. Haruskah membebani anak yang sudah berkeluarga yang mesti menanggung keluarga kecilnya juga?

Empat Sumber Penghasilan

Kalau ditelusuri lebih jauh, sebenarnya paling tidak terdapat empat sumber penghasilan yang bisa diperoleh dan dikelola dengan baik oleh para pensiunan.

Keempat ini, jika bisa diupayakan dan diatur dengan baik, niscaya tidak menjadikan seorang pensiunan memiliki kemampuan finansial dan tidak membebani anak-anaknya.

Mari kita bahas lebih lanjut dari mana saja sumber penghasilan yang diperoleh seorang pensiunan ketika ia baru memasuki masa purna bakti.

Pertama, uang pesangon

Kalau orang pensiun dari perusahaan dengan memiliki masa kerja tertentu, pada umumnya akan mendapatkan uang pesangon. Jumlahnya tentu bervariasi dan berbeda pada setiap perusahaan.

Di kalangan PNS, uang pesangon ini berupa tabungan pensiunan yang dikeluarkan hanya sekali begitu seseorang memasuki masa pensiun. Hanya besarannya terbatas, kendati terbilang lumayan untuk sebuah perjalanan awal memasuki masa pensiun.

Besarnya "pesangon" bagi PNS itu berkisar 60 juta sampai dengan 80 jutaan. Jumlah ini tergantung pada masa kerja dan pangkat terakhir dan indikator lainnya yang ditentukan oleh pengelola dana pensiunan yang dalam hal ini PT Taspen.

Nah, dana ini terbilang lumayan untuk melakukan persiapan pada awal memasuki masa pensiun. Akan dipergunakan untuk apa dana sebesar ini, ya terserah sang pemiliknya. Menurut penulis, sebaiknya dana ini ditabung atau diinvestasikan saja.

Kedua, uang pensiunan bulanan

Hingga saat ini pembayaran uang pensiunan dilakukan setiap bulan. Artinya, seorang pensiunan PNS akan mendapatkan dana itu setiap bulannya yang bisa dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan dalam kehidupan sehari hari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan