Mohon tunggu...
I Ketut Suweca
I Ketut Suweca Mohon Tunggu... Administrasi - Pencinta Dunia Literasi

Kecintaannya pada dunia literasi membawanya suntuk berkiprah di bidang penulisan artikel dan buku. Baginya, hidup yang berguna adalah hidup dengan berbagi kebaikan, antara lain, melalui karya tulis.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Artikel Utama

Jangan Hanya Membaca, Tulislah; Jangan Hanya Menulis, Bacalah!

24 September 2021   20:20 Diperbarui: 4 Oktober 2021   13:45 491 44 19
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Jangan Hanya Membaca, Tulislah; Jangan Hanya Menulis, Bacalah!
ilustrasi menulis. (sumber: shutterstock via kompas.com)

Tidak ada satu orang pun di antara kita yang, saya kira, akan meragukan tentang betapa erat keterkaitan antara kegiatan membaca dengan menulis. Kedua aktivitas ini saling berhubungan dan saling melengkapi satu sama lain.

Seperti apa keterkaitannya? Mari kita bahas lebih lanjut.

Kotak Digembok

Ada orang yang doyan membaca buku dan bacaan lainnya, bahkan sejak masih muda hingga dewasa. Ia banyak mengisi hari-harinya dengan membaca.

Akan tetapi, yang bersangkutan hanya sampai pada taraf membaca. Setelah selesai membaca, ya, sudah. Tidak ada tindak lanjut mau apa setelah itu.

Rajin membaca tanpa memanfaatkan hasil membaca, tentu kurang faedahnya. Ilmu pengetahuan yang diperoleh dari kegiatan membaca pada akhirnya tidak banyak berguna.

Sejatinya, mereka yang rajin membaca sudah menjalani proses pengayaan diri dengan pengetahuan yang dibacanya dari buku-buku.

Sayangnya, pengetahuan itu cuma tersimpan di dalam pikiran. Bagai barang berharga yang disimpan di dalam kotak dan digembok, pengetahuan itu terkungkung di dalam pikiran.

Penting Dipraktikkan

Dunia literasi sekarang lebih menekankan pada praktik terhadap apa yang dibaca. Literasi diarahkan  menuju  pemberdayaan (empowerment) bagi pembaca.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan