Mohon tunggu...
I Ketut Suweca
I Ketut Suweca Mohon Tunggu... Administrasi - Pencinta Dunia Literasi

Kecintaannya pada dunia literasi membawanya suntuk berkiprah di bidang penulisan artikel dan buku. Baginya, hidup yang berguna adalah hidup dengan berbagi kebaikan, antara lain, melalui karya tulis.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Inilah Hal-hal yang Perlu Diketahui Sebelum Memulai Bisnis!

9 September 2021   18:18 Diperbarui: 9 September 2021   20:03 171 13 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Inilah Hal-hal yang Perlu Diketahui Sebelum Memulai Bisnis!
Ilustrasi bisnis, berawal dari kecil (Sumber gambar: gettyimanges.com)

Sebagai pengampu mata kuliah Komunikasi Bisnis, saya ditanya oleh seorang mahasiswa saat kuliah daring. Pertanyaan yang disampaikan adalah bagaimana memulai sebuah bisnis. Dia juga mengaku ingin berbisnis, tetapi sangat takut memulai.

Nah, pertanyaan itu tampak sederhana tetapi sangat mendasar. Ini mungkin tidak hanya menjadi ketakutan mahasiswa tersebut, mungkin juga menjadi kekhawatiran banyak orang. Lantas, saya bilang bahwa dia tidak sendiri. Banyak orang merasakan hal yang sama.

Tentu saja hal itu untuk membesarkan hati dan menguatkan tekadnya untuk mulai berbisnis. Lalu, apa saja saran yang saya sampaikan kepadanya yang diikuti pula oleh mahasiswa lain? Berikut akan saya jelaskan sedikit rinci, melebihi yang saya jawab untuk mahasiswa saya itu.

Pertama, ikuti passion Anda.

Adalah penting sekali berbisnis mengikuti panggilan jiwa. Kalau kita berkegiatan atau berbisnis mengikuti panggilan jiwa (passion), maka kegiatan berbisnis akan menyenangkan di sepanjang perjalanan.

Kita akan menikmati prosesnya, bahkan tenggelam di dalamnya. Motivasi untuk mengembangkan bisnis pun semakin lama semakin menguat.

Namun demikian, bukan berarti dengan passion itu kita tidak akan mengalami hambatan atau kesulitan. Bukan! Kesulitan itu akan tetap saja ada dan meminta kita untuk mengatasinya.

Nah, jika kita menghadapi semua itu dengan berlandaskan pada passion, maka hal itu akan membuat kita merasa tertantang, tetapi tantangan yang membangkitkan semangat dan gairah untuk melakukan yang terbaik.

Jadi, pertama-tama yang penting adalah upayakan untuk berbisnis di bidang yang menjadi passion kita. Hal ini akan jauh lebih baik daripada berbisnis di luar passion.

Kedua, berani memulai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bisnis Selengkapnya
Lihat Bisnis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan