Mohon tunggu...
I Ketut Suweca
I Ketut Suweca Mohon Tunggu... Administrasi - Pencinta Dunia Literasi

Kecintaannya pada dunia literasi membawanya suntuk berkiprah di bidang penulisan artikel dan buku. Baginya, hidup yang berguna adalah hidup dengan berbagi kebaikan, antara lain, melalui karya tulis.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Artikel Utama

Pastikan, Apakah Menulis Merupakan "Ikigai" Anda?

2 September 2021   15:12 Diperbarui: 2 September 2021   21:17 368 33 18
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi menulis | Sumber: Pexels/George Milton

Ikigai merupakan istilah dari negeri Matahari Terbit, Jepang. Secara umum, ikigai dimaknai sebagai suatu kegiatan atau pekerjaan yang memberikan kesenangan dan kebahagiaan, sesuatu yang merupakan panggilan jiwa. Ikigai adalah sesuatu yang selalu menggerakkan kita untuk segera bangun di pagi hari!

Beberapa sumber menyebutkan bahwa dengan terus mengikuti ikigai, orang akan merasakan kebahagiaan sepanjang hidupnya. Ia cenderung berusia lanjut dan sehat-walafiat.

"Semua orang memiliki ikigai. Ikigai tersembunyi jauh di dalam diri kita masing-masing. Untuk menemukannya, diperlukan pencarian yang telaten dan sabar," tulis Hector Garcia dan Francesc Miralles dalam buku Ikigai (2019).

Terkait upaya menemukan ikigai -- sesuatu yang memberikan kebahagiaan dalam menjalaninya, maka dikenal beberapa cara yang dianjurkan untuk memastikannya. Ya, untuk memastikan pekerjaan atau kegiatan apa yang benar-benar menjadi ikigai Anda.

Pertama, apakah pekerjaan atau kegiatan itu yang saya suka?

Tanyakan kepada diri sendiri, apa passion Anda, apa yang paling Anda suka dalam mengerjakannya? Ada yang suka melukis, ada yang demen menulis, ada pula yang senang memasak atau beternak.

Nah, coba tanyakan kepada diri sendiri pekerjaan atau kegiatan apa yang paling Anda senangi selama ini. Sudahkan Anda menemukannya atau sedang mencoba menemukan dan meyakininya?

Jika Anda sudah menemukan ikigai dalam kegiatan atau pekerjaan Anda itu, bertekunlah di situ. Niscaya Anda akan menikmati prosesnya dan kagum pada hasilnya.

Kedua, apakah hasil pekerjaan atau kegiatan itu yang dunia butuhkan?

Pekerjaan yang Anda lakoni tentu diharapkan memberikan hasil. Di samping Anda mendapatkan rasa bahagia saat mengerjakannya, mungkin juga mendapatkan pujian dari orang lain, tentu juga berharap kegiatan tersebut menghasilkan secara finansial.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan