Mohon tunggu...
I Ketut Suweca
I Ketut Suweca Mohon Tunggu... PNS, Dosen, Penulis

Membaca dan menulis adalah minatnya yang terbesar. Kelak, ingin dikenang sebagai seorang penulis.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Artikel Utama

Libur Panjang, Mau ke Mana? Ini Alternatifnya!

28 Oktober 2020   20:18 Diperbarui: 30 Oktober 2020   11:45 501 46 21 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Libur Panjang, Mau ke Mana? Ini Alternatifnya!
Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

Sabtu dan Minggu biasanya menjadi hari-hari yang ditunggu-tunggu karyawan kantoran. Pada kedua hari itu mereka akan mendapatkan kesempatan untuk rileks. Lumayan untuk menyegarkan pikiran, terlepas dari rutinitas kantor yang terkadang terasa membosankan. Hari Sabtu dan Minggu adalah kesempatan untuk "mengisi baterai" dengan refreshing.

Libur Panjang

Lalu, tiba-tiba kita dihadapkan pada liburan panjang, mulai dari hari Rabu sampai dengan Minggu, tanggal 28 sampai dengan 1 November 2020. Lima hari lamanya. Lalu, mau ke mana atau mau mengerjakan apa?

Tentu sudah ada sahabat yang merencanakan liburan itu sedemikian rupa sehingga benar-benar terisi dengan baik dan tak terlewatkan begitu saja.

Ada pula sahabat yang sampai saat ini belum merencanakan apapun. Membiarkan segala sesuatunya mengalir begitu saja. Mungkin di rumah, mungkin bepergian, atau kedua-duanya. "Lihat nanti sajalah," mungkin begitu kilahnya.

Kalau memutuskan berlibur di rumah saja sebenarnya ada banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan. Jika berlibur ke tempat wisata ada banyak juga pilihannya. Mau yang mana? Mau ke mana? Saya akan paparkan apa rencana saya mengisi liburan ini.

Saatnya Membersihkan Rumah

Hari pertama libur, 28 Oktober 2020, saya di rumah saja. Mengisi waktu dengan membersihkan bagian dalam rumah. Menata kembali barang-barang yang sudah mulai tampak tidak pada tempatnya.

Rencana menatanya sejak beberapa hari ini belum juga kesampaian karena selalu saja ada kegiatan lain yang lebih penting yang membutuhkan perhatian.

Maka, hari libur di hari pertama bisa saya isi dengan membersihkan seluruh kamar atau ruangan di dalam rumah. Sepatu yang harus dikembalikan atau diletakkan di tempatnya, juga membersihkan bagian-bagian rumah yang sulit dijangkau seperti di belakang atau di sela-sela rak dan almari.

Lalu membersihkan dan menata kembali barang-barang yang selama ini diletakkan kurang rapi di atas rak, menata letak buku yang sudah sempat dikeluarkan dari dalam rak dan belum lagi meletakkannya kembali ke dalam rak. Membersihkan debu yang melekat di perabotan rumah, dan masih banyak lagi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN