Mohon tunggu...
echaimutenan
echaimutenan Mohon Tunggu... Penulis - Blogger Mom

www.echaimutenan.com

Selanjutnya

Tutup

Tradisi Pilihan

Mudik Seru bersama Anak Naik Bus

24 April 2022   19:31 Diperbarui: 24 April 2022   19:34 826
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mudik seru naik bisa sama anak (Sumber : dokpri)

Siapa di sini yang mau mudik? Sayaaaaaaa, pasti hampir semua berkata saya ya? Iya, sekarang walau mudik ala pandemi tapi pemerintah sudah tidak seketat tahun-tahun sebelumnya. Jadi kemungkinan lonjakan pemudik akan besar. Mungkin ya!

Saya juga mau mudik kok. Walau sebenarnya saya jarang mudik, tapi berhubung ibu mertua sudah mudik duluan mau tidak mau saya harus mudik demi menjemput beliau kembali bersama ke rumah kami lagi. Saya kebetulan memang tinggal bersama ibu mertua dan bapak, waktu itu pandemi membuat saya dan suami berpikir keras bagaimana caranya agar bisa sama-sama memperhatikan orang tua masing-masing yang cuma tinggal satu dari keluarga masing-masing. 

Untunglah gayung bersambut, bapak saya dan ibu suami mau tinggal seatap sama kami. Intinya waktu itu, kami takut kehilangan orang tua yang nun jauh jaraknya apalagi pandemi kan membaut pikiran kemana-mana. Misalnya amit-amit ya, orang tua meninggal dan tidak ada yang tahu karena mereka tinggal seorang diri betapa bersalahnya diri kami seumur hidup nantinya. Alhamdulillah Allah paringi jalan yang terbaik sehingga kami bisa bersama sekarang semua.

Selama berkeluarga dan punya anak 10 tahun terakhir, saya sebenarnya orang yang jarang mudik. Soalnya kan ribet ya, bawa anak gendong-gendong, rewel nangis di jalan dll yang mungkin lebih nyaman kalau naik kendaraan pribadi. Tapi setelah anak-anak sudah mulai agak gedean, alhamdulillah kerempongan itu satu-satu bisa teratasi. Anak-anak bisa ajak kemana-mana traveling bahkan naik kendaraan umum sekalipun. Jadi kalau sekarang sudah lumayanlah tidak susah jalan-jalan sama anak-anak dibanding ketika mereka semua masih balita :"). 

Tahun ini 2022, kami berencana mudik sealigus jemput ibu mertua ke Jawa Tengah. Dan yah, pastinya kami naik bis. Naik fasilitas umum itu menyenangkan lohh sebenarnya, karena memang di luar zona nyaman. Kami bisa melatih anak sabar dan tertib selama di perjalanan. 

Karena beda loh kalau kita bepergian sama anak atau sendiri orang dewasa yang pasti sudah bisa menjaga diri. Benar-benar harus diperhatikan dan diulang-ulang sebelum berangkat. Tapi karena setiap 3 bulan sekali saya memang harus pergi ke kota besar dan anak-anak harus ikut daripada saya kangen, alhamdulillah mereka sudah terlatih di perjalanan lama dengan fasilitas umum.

Sampai berpikir seru juga kalau bikin blog traveling, sayangnya saya masih mager hehehe.

Baiklah, karena sudah terlatih bepergian jauh dengan 3 anak selama beberapa tahun terakhir bolehlah ya saya kasih tips mudik seru naik bis sama anak. Kalau dulu anak-anak bilangnya "Yey naik Tayo" tapi kalau sekarang mereka sudah tahu kalau Tayo hanya tokoh kartun dan ini namanya bis umum hihihi.

Oh iya, boleh deh tonton reels saya di instagram ini!


Tips mudik seru sama anak naik bis

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Tradisi Selengkapnya
Lihat Tradisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun