Mohon tunggu...
Echa Felia
Echa Felia Mohon Tunggu... Guru - I'm just a human

blessed

Selanjutnya

Tutup

Pulih Bersama Pilihan

Investasi Hijau untuk Indonesia yang Lebih Baik

31 Juli 2022   21:58 Diperbarui: 31 Juli 2022   22:01 103 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pulih Bersama. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Terpilihnya Indonesia menjadi tuan rumah dalam forum G20 (Group of Twenty) adalah salah satu momen bersejarah yang sangat penting. Pada Presidensi G20 ini, Indonesia diwakili oleh Presiden Joko Widodo, Menteri Keuangan, dan Gubernur Bank Indonesia. Dengan tema "Recover Together, Recover Stronger", maka Indonesia dapat menunjukkan kebolehannya dalam menjalin kerja sama dengan negara-negara di seluruh dunia untuk pulih bersama dan tumbuh lebih kuat setelah melewati masa pandemi. Dengan menjadi Presidensi G20 Tahun 2022, maka Indonesia juga sekaligus dapat memperkenalkan tradisi dan budaya yang beragam yang dimilikinya.

Seperti yang telah diketahui bahwa Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022 menekankan pada tiga pilar utama, yaitu mempromosikan produktivitas, meningkatkan daya tahan perekonomian, dan memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan dan stabil, maka salah satu program yang dapat dilakukan Indonesia untuk mendukung kemajuan dan perkembangan ekonomi nasional adalah investasi hijau.

Indonesia merupakan negara yang kaya dengan kekayaan alamnya. Banyak negara yang iri melihat kekayaan alam di Indonesia yang sayangnya belum dimanfaatkan seoptimal mungkin oleh masyarakat. Kualitas lingkungan di Indonesia masih banyak yang perlu dilindungi dan dilestarikan. Investasi hijau merupakan hal baik untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia dan menjaga kelestarian lingkungan. Tahun 2020 merupakan tahun yang berat karena kita dilanda pandemi yang mengakibatkan perubahan lingkungan. Generasi mendatang akan merasakan perubahan lingkungan yang sangat signifikan jika kita sebagai generasi yang ada sekarang tidak melakukan perubahan.

Selama beberapa tahun terakhir, pencemaran lingkungan merupakan salah satu masalah di Indonesia. Salah satu penyebab pencemaran lingkungan terjadi adalah karena pertumbuhan ekonomi berkelanjutan yang meningkatkan produksi sektor industri, penggunaan energi dalam jumlah besar, dan pembangunan infrastruktur. Selain berdampak kerusakan lingkungan, berdampak juga pada mata pencaharian dan ekonomi masyarakat. Dengan meningkatnya pembangunan yang mendesak, pekerjaan yang membuat limbah industri ada dimana-mana, maka terjadilah pemanasan global, perubahan iklim, wabah penyakit yang menyebar, polusi udara, kehilangan tempat tinggal, susahnya air bersih, banjir, dan lain sebagainya. Dengan demikian, Indonesia perlu menanggapi secara serius untuk memperbaiki hal tersebut.

Investasi hijau merupakan cara yang ampuh untuk meminimalkan degradasi lingkungan, melestarikan sumber energi, dan membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Investasi hijau dapat menguntungkan bagi masyarakat maupun bagi lingkungan. Setiap tahunnya, permintaan energi global terus meningkat. Indonesia merupakan negara yang sedang berkembang, dan di kota-kota besar yang ada di Indonesia, penggunaan energi sangatlah banyak. Dengan penggunaan energi seperti ini di kota-kota besar, maka perubahan suhu akan dirasakan oleh masyarakat. Hal ini dapat menjadi peluang pasar bagi investor untuk mencari keuntungan lewat investasi hijau.

Investasi hijau sederhana dapat dilihat dengan penggunaan tenaga surya di beberapa industri atau di jalan raya untuk lampu penerang jalan. Banyak daerah terpencil di Indonesia yang kesulitan listrik, menggunakan tenaga surya untuk mendapat pasokan listrik. Penggunaan tenaga surya ini boleh dicontohi oleh beberapa kota besar agar dapat diaplikasikan di industri-industri atau perusahaan-perusahaan. Dengan demikian, beberapa industri atau perusahaan bisa mendapatkan keuntungan dari investasi hijau jika bisnisnya bergantung pada produksi teknologi energi alternatif dengan mengidentifikasi reksa dana atau dana indek yang berinvestasi dalam sejumlah energi terbaru.

Untuk menyukseskan program investasi hijau pada Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022, maka kontribusi generasi muda sangat penting. Generasi muda dapat mendukung perusahaan melakukan bisnis ramah lingkungan yang berfokus pada proyek untuk melestarikan sumber daya alam, mengurangi polusi, dan mendukung bisnis ramah lingkungan lainnya. Dengan investasi hijau ini, maka secara tidak langsung kita mendukung bumi menjadi tempat tinggal yang lebih baik untuk generasi yang akan datang. Dengan kerjasama antara negara-negara G20, maka kedepannya kita dapat menciptakan lingkungan yang aman, berkelanjutan, dan layak huni bagi semua orang. Kemudian, pemerintah Indonesia harus menyiapkan regulasi untuk menciptakan lingkungan yang ideal bagi investasi hijau dan peningkatan modal dalam negeri.

Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki hutan terbesar di dunia, bahkan memiliki hutan hujan tropis terluas di kawasan Asia, membuat Indonesia patut berkontribusi dan mendukung investasi hijau sebagai program dari Presidensi G20. Hutan Indonesia juga diandalkan sebagai paru-paru dunia. Bagi Indonesia adalah kekayaan dan keanekaragaman hayati. Oleh karena itu, keanekaragaman hayati Indonesia harus diperlakukan sebagai kekayaan negara yang wajib diurus, dipelihara, dikonservasi dengan pemanfaatan secara bijaksana untuk kemakmuran rakyat.

Dengan kekayaan alam dan potensi yang dimiliki Indonesia, maka investasi hijau dapat memberi manfaat bagi pembangunan yang berkelanjutan. Transisi untuk investasi hijau ini tidak secara langsung akan membantu mengurangi kemiskinan atau meningkatkan kesejahteraan terutama yang berkaitan dengan sumber daya lingkungan. Perlu dukungan peningkatan kapasitas secara konsisten agar investasi hijau dapat terus dilakukan secara konsisten dan dipercepat. Peluang pembiayaan investasi hijau sepatutnya bisa optimal dimanfaatkan oleh Indonesia mengingat masih rendahnya realisasi investasi hijau. Kedepannya, diharapkan berbagai perusahaan dapat bekerja sama untuk mendorong pembelian produk investasi yang ramah lingkungan, serta membuat investasi hijau menjadi lebih terkenal di kalangan anak muda sehingga selain mendapat keuntungan bagi manusia, lingkungan tempat kita tinggal juga mendapat manfaat baik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pulih Bersama Selengkapnya
Lihat Pulih Bersama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan