Mohon tunggu...
Eko Adri Wahyudiono
Eko Adri Wahyudiono Mohon Tunggu... Guru - ASN Kemendikbud Ristek

Mengajar dan mendidik semua anak bangsa. Hobi : Traveling, tenis, renang, gitar, bersepeda, nonton film, baca semua genre buku, menulis artikel dan novel.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Artikel Utama

Prospek Bisnis Bunga Anggrek, Masihkah Menguntungkan di Saat Ini?

14 April 2023   10:41 Diperbarui: 15 April 2023   05:23 1606
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi anggrek bulan(SHUTTERSTOCK/ELENA BUSLAEVA)

Selepas perjalanan dari arah Kota Surakarta menuju kota Magetan tempat saya berdomisili, saya sengaja tidak melewati jalan Tol (Tariff On Location) antara Gerbang Tol Kartasura ke Exit Tol kota Ngawi. 

Rute yang saya ambil adalah kota Solo menuju Karanganyar, kemudian melanjutkan ke arah Tawangmangu. Kondisi jalan yang sudah halus berkat aspal Hotmix menjadikan tetap nyaman saja dalam mengemudikan mobil meskipun jalanan menanjak dan berliku.

Begitu tiba di daerah Desa Nglurah Rt 02 Rw 10, Tawangmangu yang masih berada di wilayah Karanganyar, Jawa Tengah, 'Mantan pacar' dulu yang juga berada di dalam satu mobil dengan saya meminta untuk beristirahat di usaha perkebunan Anggrek. 

Kebun Anggrek Zilquin. Foto Dokumen pribadi
Kebun Anggrek Zilquin. Foto Dokumen pribadi

Saya segera menyadari bahwa setelah sepagian menempuh rute dari Yogyakarta menuju Magetan sehabis menengok anak di bulan puasa ini pasti membuat istri saya menjadi sedikit kelelahan.

Disamping penggemar berat dari tanaman anggrek, istri saya yang juga menjabat sebagai Kepala sekolah di SMK atau kejuruan di Magetan, selalu berusaha untuk mencari terobosan dalam dunia kewirausahaan. 

Kebun anggrek Zilquin. Foto dokumen pribadi
Kebun anggrek Zilquin. Foto dokumen pribadi

Hal itu untuk memberikan keterampilan DUDI (Dunia Usaha Dunia Industri) sebagai life skills kepada para guru dan anak didiknya agar mereka mampu menjadi seorang enterpreneur atau pengusaha muda kelak di masa depan.

Saya pun menjadi tertarik untuk menggali lebih dalam tentang perkebunan anggrek tersebut. 

Baca Juga : Sakura Lepas dari Dalam Pelukan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun