Mohon tunggu...
Dzulfajri Hadini
Dzulfajri Hadini Mohon Tunggu... Guru - Guru SMPN 1 Balla

Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Kabupaten Mamasa

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Penerapan Filosofi Ki Hajar Dewantara dalam Pembelajaran di Kelas

21 Januari 2023   10:50 Diperbarui: 22 Januari 2023   03:19 3314
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Selama saya mengikuti pendidikan guru penggerak pada Modul 1.1 saya merasakan pembelajaran yang sebelumnya saya lakukan terpusat pada Guru, Pada hal seharusnya pembelajaran tersebut berpusat kepada Murid. Sehingga Murid/anak kurang mengekspor kemampuannya, Kurang mandiri dan tidak memiliki kebebasan dalam berekspresi. 

Setelah saya mempelajari Modul 1.1 tentang Filosofi KHD saya banyak belajar tentang pemikiran-pemikiran KHD, Sehingga dapat memperbaiki pembelajaran yang telah saya lakukan. 

Pembelajaran PGP | Sumber: Dok Pribadi
Pembelajaran PGP | Sumber: Dok Pribadi

Filosofi pendidikan menurut KHD ini menyadarkan saya pentingnya memberikan pendidikan yang menuntun dibanding hanya sekedar mengajar saja. Saya harus memberikan contoh teladan yang baik kepada murid. 

IDE DAN GAGASAN YANG TIMBUL SELAMA PROSES PERUBAHAN YAITU:

Mengubah metode pembelajaran saya yang awalnya TEACHER CENTER menjadi STUDENT CENTER dengan menerapkan nilai-nilai Kolaboratif, Aktif, Mandiri dan Berani.

Praktik baik Aksi  Nyata

Sebelum saya melakukan Aksi Nyata tentang Pemikiran Bapak KHD saya lakukan tahap perencanaan terlebih dahulu yaitu Meminta izin kepada kepala sekolah dan berdiskusi dengan teman sejawat yang sama-sama mengampuh mata pelajaran IPA ataupun Mata pelajaran lain disekolah, Selain itu saya menyiapkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan Bahan ajar lainnya.

Berkonsultasi dengan Kepala Sekolah | Sumber: Dok Pribadi
Berkonsultasi dengan Kepala Sekolah | Sumber: Dok Pribadi

Berkonsultasi dengan Teman Sejawat | Sumber: Dok Pribadi
Berkonsultasi dengan Teman Sejawat | Sumber: Dok Pribadi

PELAKSANAAN

  1. Berdoa terlebih dahulu

  2. Mengecek kehadiran siswa

  3. HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
    Lihat Pendidikan Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun