Mohon tunggu...
Fadhlurrahman Center
Fadhlurrahman Center Mohon Tunggu... Membaca Dunia, Mencerahkan Semesta.

Youth Leader, Youth Entrepreneur.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Kecurangan Siswa dalam Ujian Online pada Masa Covid-19, Jujur Saja Anda Pasti Pernah

29 Mei 2020   13:48 Diperbarui: 7 Juni 2021   13:12 10551 8 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kecurangan Siswa dalam Ujian Online pada Masa Covid-19, Jujur Saja Anda Pasti Pernah
Kecurangan Siswa dalam Ujian Online pada Masa Covid-19, (unsplash/annie spratt)

Pandemi COVID-19 telah memasuki fase new normal atau kenormalan baru. Namun demikian tidak membuat instansi pendidikan tergesa gesa dalam mengambil tindakan masuk sekolah

Hingga hari ini seluruh instansi pendidikan masih menggunakan sistem online dari rumah masing-masing, tidak terkecuali ujian/penilaian yang akan dilaksanakan.

Sesuai dengan kalender akademik di berbagai daerah, Ujian Akhir Semester 2 atau Penilaian Akhir Semester akan segera dilaksanakan di awal bulan juni. Mengingat keadaan yang belum menentu, instansi pendidikan menggunakan sistem ujian online dirumah masing-masing. 

Hal ini tentunya meningkatkan resiko kecurangan siswa yang lebih tinggi daripada ujian offline di sekolah. Berikut penulis sajikan beberapa kecurangan siswa dalam menghadapi ujian online.

Baca juga : Keluh-kesah Mahasiswa Belajar Online

Membuka buku paket atau catatan. Buku paket dan buku catatan memang sangat menguntungkan apabila dibaca ketika mengerjakan soal online. Tingkat kebenaran jawaban yang berada di dalam buku paket dan buku catatan juga tidak bisa diragukan lagi. 

Oleh karenanya, untuk menghindarkan siswa menjiplak/menggunakan jawaban yang berasal dari buku bapak/ibu guru dapat memberikan soal analisis yang menguji nalar siswa. Sehingga siswa dapat memberikan jawaban sesuai dengan gagasan/pendapatnya masing-masing.

Membuka internet. Internet telah memberikan banyak sekali referensi dalam kegiatan belajar mengajar. Kini, internet dapat dimanfaatkan oleh peserta didik untuk mempermudah berbagai hal, salah satunya membantu mereka untuk mendapatkan jawaban yang tepat. 

Gambar diambil dari sumber surya malang-Tribunnews.com
Gambar diambil dari sumber surya malang-Tribunnews.com
Namun ada berbagai cara yang dapat bapak/ibu guru lakukan untuk mendeteksi jawaban-jawaban siswa yang menjiplak internet. Salah satu caranya adalah membuka situs https://plagiarismdetector.net/id atau https://www.duplichecker.com/id

Baca juga : Tantangan Baru! Siswa Belajar Online Selama Pandemi Covid-19

Situs-situs tersebut dapat mendeteksi jawaban siswa anda yang mencontek/menjiplak dari internet.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN