Mohon tunggu...
Inamu Dzakiyyah
Inamu Dzakiyyah Mohon Tunggu... Fb : Inamu dzakiyyatul jamilah, Instagram :Inamu_99

Mahasiswi "Ngono yo ngono nanging yo ojo ngono"

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Mengasuh Remaja, Orangtua adalah Sahabat Anak

25 November 2019   03:44 Diperbarui: 25 November 2019   04:34 89 1 0 Mohon Tunggu...
Mengasuh Remaja, Orangtua adalah Sahabat Anak
aquariuslearning.co.id

Remaja merupakan masa perubahan perkembangan antara masa kanak-kanank dengan masa dewasa, yang melibatkan di antaranya ialah pada biologiskognitif, sosial emosional, yang di mulai dari rentang usia 10 tahun hingga 13 tahun, dan berakhir pada usia 18 tahun dan 22 tahun(Santrock,2007).

Pada masa inilah, sorang anak sedang berada pada fase mencari jati diri, yang kemudian dari fase mencari jati diri anak ini akan berpengaruh pada perkembangan kecerdasan anak dalam berbagai sisi dimensinya, baik itu pada kecerdasan intelektual, spiritual, emosional  dan kecerdasan lainnya.

Karena itu, masa remaja proses di mana seseorang sedang mencari jati dirinya, sehingga ia akan merasakan kebingungan antara kenyataan yang ada dengan apa yang menjadi keyakinannya.

Maka dari itu, peran orang tua dalam mendampingi anak usia remaja, sangat penting untuk di perhatikan;

Usia remaja ialah usia di mana yang terkenal dengan perubahan dari anak anak menjadi dewasa. Di fase ini lah peran orang tua menjadi teman anak sangatlah di perlukan, dalam mendidik anak remaja, orang tua tidak perlu terlalu mengekang atau otoriter kepadanya.

Mengasuh anak dapat menjadi pekerjaan yang berharga untuk orang tua atau orang dewasa,tentunya didalam mengasuh seorang anak banyak harapan dalam mengasuh supaya anak tumbuh dan berkembang secara optimal, danfull dalam memberikan kasih sayang.

Setiap fase perkembangan akan memiliki berbagai perbedaan seperti halnya, pada bayi berbeda dengan perkembangan pada masa remaja, apabila bayi lebih banyak dengan makan, tidur dan bermain sesuai tahapan perkembangan pada usianya. Berbeda lagi dengan fase remaja, dimana fase remaja ini akan di pertemukan banyak dengan hubungan seorang anak dengan temannya.

Tentunya, terdapat beberapa remaja yang mengalami hambatan dalam masa perubahanyan (Dari fase kanak-kanank menuju fase remaja), pada data IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) menyatakan terdapat beberapa anak yang mengalami hambatan dalam masalah nutrisinya, seperti difesiensi, gizi kurang dan mengakibatkan anak berkeperawakan pendek, obesitas dan perilaku pola makan pada remaja. Selain masalah nutrisi yang perlu di perhatikan orang tua kepads anak.

Pada perubahan yang akan di alami seorang anak, Orang tua juga perlu dalam mempersiapkan diri dan anak dalam menghadapi tugas-tugas dalam perkembangan remaja.

Diantaranya ialah. Orang tua menyediakan lingkungan rumah yang stabil, dimana rumah itu aman untuk anak, dan didalamnya penuh dengan rasa cinta yang diberikan orang tua kepadanya. Selanjutnya ialah menciptakan budaya komunikasi yang terbuka anatara orant tua dan anak, misalkan saja anak memiliki masalah, dari sini orang tua sebaiknya tidak acuh, atau peka dengan apa yang menjadi masalah anak, orang tua di sini dapat di katakana sebagai teman atau sahabat anak.

Selain itu, orang tua juga dapat mengajarkan terkait tanggung jawab, etidaknya dari hal-hal kecil yang sering di temui anak misalnya, yaitu dalam pekerjaan rumah, anak mulai dari bangun tidur, sebaiknya apa dan bagaimana, orang tua dapat menjelaskannya pada anak dengan cara yang bersahabat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x