Mohon tunggu...
Dyah Pramesti Ayu Wardhani
Dyah Pramesti Ayu Wardhani Mohon Tunggu...

Mahasiswa jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Jawa Timur. Pengurus Himpunan Ilmu Kesehatan Masyarakat UNUSA, bekerja di divisi Kewirausahaan.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Yakin Handphone Anda Bersih?

12 November 2018   00:42 Diperbarui: 12 November 2018   02:08 365 1 0 Mohon Tunggu...

Pernahkan kalian berpikir bahwa Handphone yang selalu kita gunakan 24 jam ini lebih kotor dari yang kita bayangkan. 

Seperti yang kita tahu bahwa toilet merupakan tempat yang paling kotor (banyak terdapat kuman), namun HP -lah salah satu barang yang paling kotor dan menyimpan banyak kuman. Menurut berita yang dilansir dari The Huffington Post, sebuah handphone bisa mengandung hingga 33,200 CFU (colony-forming units/unit pembentuk koloni) bakteri. Sebagai perbandingan, pegangan pintu
kamar mandi pada umumnya hanya memiliki 4 CFU.

Ya... tentu saja kalian terkejut mendengar ini, apalagi di zaman sekarang Handphone merupakan suatu kebutuhan primer yang tidak bisa ditinggalkan sedetik pun, bisa dibilang selama 24 jam seseorang selalu menggunakan Hp dalam kesehariannya. Baik pada saat makan, mandi, bekerja, belajar, memasak, berjalan -jalan, berpergian dan lainnya. Semua hal dikerjakan dengan bantuan HP, apalagi dengan perkembangan Smartphone yang semakin lama semakin canggih, mempersulit manusia untuk jauhdari HP. Sehingga kita ketergantungan dengan 'benda canggih' itu. 

Dengan banyaknya kegiatan yang kita lakukan dengan HP, kita dapat membayangkan debu yang menempel, percikan -percikan air, atau bahkan saat HP jatuh. Seringkali saat kita usai memegang sesuatu benda yang kotor tanpa mencuci tangan kita memegang HP kita, atau setelah memegang hewan peliharaan kita memegang HP. Lalu setelah itu kita makan sesuatu tanpa mencuci tangan, karena berbagai alasan entah lupa, malas, ataupun berpikir sudah bersih tidak perlu cuci tangan. 

Hm.. dapat kita bayangkan berapa banyak kuman -kuman dan bakteri yang ikut masuk dalam tubuh saat kita makan ataupun meminum sesuatu. Sudah banyak penilitian yang mengatakan bahwa penting hukumnya untuk mencuci tangan sebelum makan atau sebelum menyentuh dan berinteraksi dengan sesuatu yang sensitif. Namun seringkali kita lalai dengan HP, benar kita mencuci tangan namun setelah mencuci tangan kita kembali menggunakan HP sehingga kuman -kuman dan bakteri kembali menempel pada tangan kita dan masuk dalam tubuh bersamaan dengan makanan yang kita konsumsi.

Dari beberapa penelitian banyak yang telah membuktikan bahwa dari 38 smartphone yang diuji, 31,50% di antaranya memiliki 20 hingga 50 koloni bakteri.

Sementara yang paling sedikit (10,5%) hanya mengantongi kurang dari 10 koloni. Dari semua smartphone tersebut, ada beberapa jenis bakteri yang dinilai sangat berisiko bagi kesehatan, yaitu :

  1. Bakteri Bacillus
  2. E.Coli
  3. Klebsiella Pneumonia

For your Information, bakteri Bacillus merupakan jenis bakteri yang biasanya ditemukan di dalam daging yang membusuk, sedangkan E.Coli merupakan bakteri berbahaya yang dapat membuat tubuh dehidrasi. Sementara Klebsiella Pneumoniae adalah bakteri yang dapat menyebabkan aktivitas paru-paru melemah dan berisiko memiliki penyakit Pneumonia.

Selain ketiga bakteri tersebut, terdapat beberapa bakteri patogen seperti MRSA dan MSSA yang sebenarnya tidak berbahaya bagi manusia namun dapat menyebabkan jerawat pada wajah. Jika sudah berkaitan dengan wajah tentunya kita akan lebih berhati -hati dan berusaha untuk tidak terinfeksi. Karna seperti yang kita ketahui bahwa kesehatah itu penting dan mahal harganya untuk membeli kesembuhan. Dan akan sangat disayangkan jika kita terjangkit penyakit hanya kesalahan kita sendiri yaitu karena barang yang kita gunakan setiap hari.

Untuk menghindari terjadinya penyakit -penyakit yang timbul akibat handphone, lebih baik mencegahnya dengan mengurangi penggunaan ponsel pada setiap kegiatan. Bersihkan ponsel anda secara rutin dengan tisu basah atau dengan menyemprotkan cairan pembersih kuman untuk ponsel dan mengeringkannya dengan lap atau tisu kering dan bersih. Selain itu kita dapat mengurangi risiko terinfeksi dengan mencuci tangan setelah menggunakan handphone untuk menghindari tersebarnya bakteri.

sekian informasi semoga bermanfaat. Terimakasih

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x