Mohon tunggu...
Dwi Setyaningsih
Dwi Setyaningsih Mohon Tunggu... Guru - Guru biasa

sedang belajar mengungkap rasa..

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Sedikit Tanya tentang PPDB Online

20 Juni 2019   22:43 Diperbarui: 20 Juni 2019   23:02 32 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Kabupaten Kendal pada tahun ini menerapkan sistem PPDB Online untuk semua jenjang pendidikan, mulai dari SD, SMP, dan SMA/SMK. Untuk SMA/SMK ini adalah tahun ketiga pelaksanaan PPDB Online dengan beberapa perubahan di setiap tahunnya. PPDB untuk jenjang SD tidak bermasalah karena lingkup SD lebih sempit dan dikoordinir oleh guru di SD setempat.

Bagaimana dengan PPDB Online jenjang SMP?

Jujur, saya termasuk yang menginput data pendaftaran online di kisaran waktu 00.01 dan seterusnya. Beberapa tetangga memiliki putra-putri yang lulus SD dan kesulitan dengan PPDB Online karena kurang memahami sistem yang baru diberlakukan mulai tahun 2019 tersebut. Jadilah, saya menampung beberapa berkas dan menunggu waktu dibukanya pendaftaran online tersebut sejak beberapa jam sebelumnya. Dan ketika pendaftaran dibuka saya langsung mengeksekusi berkas yang sudah dititipkan. Alhamdulillah, selesai input semua data sebelum waktu menunjukkan pukul 01.00. Bisa lega dan tersenyum, tapi apakah senyuman itu bertahan lama?

Tidak.
Ketika sampai di sekolah terlihat antrian orangtua murid sudah sedemikian banyaknya. Sungguh, ini melebihi antri sembako.

Waktu menunjukkan pukul 07.00. Seperti biasa saya sudah sampai di tempat bertugas. Sebuah sekolah di wilayah Kaliwungu Selatan yang berlokasi satu desa dengan sekolah negeri sebelumnya. Bukan sekolah favorit, karena secara prestasi terus terang sekolah ini standar dan biasa saja. Malah kalau dilihat lebih dalam akan nampak kekurangan dari sisi lahan dan sarana prasarana.

Tapi melihat animo masyarakat di PPDB beberapa tahun terakhir, sekolah ini termasuk sekolah jujugan pertama dan selalu kelebihan pendaftar. Mungkin karena letak yang strategis dan memang tiada pungutan apapun di sekolah ini yang membuatnya dipercaya oleh orang tua/wali murid.

Tampak bergerombol orang tua dan anak-anak berseragam SD. Wajah-wajah antusias untuk melakukan verifikasi pendaftaran. Ketika petugas nomor antrian membuka diri, mereka langsung menyerbu sehingga kesannya bagiku seperti berebut antrian sembako di pasar murah.

Antrian terdiri dari dua jenis layanan, pendaftaran online dan verifikasi berkas. Pendaftar yang belum melakukan pendaftaran online secara mandiri terlayani dengan dibukanya loket pendaftaran online yg terdiri dari 20 unit komputer dilengkapi dengan petugas operator yang akan membantu pendaftaran dan petugas khusus bagian print out berkas bukti cetak pendaftaran online.

Layanan verifikasi melayani pengecekan berkas ajuan pendaftaran online yang didukung dengan bukti berkas asli.

Apa masalahnya?

Proses pendaftaran dan verifikasi berlanjut sampai ditutup jam 12 siang. Saatnya memantau proses pendaftaran online.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan