Mohon tunggu...
Dwiko Rynoza
Dwiko Rynoza Mohon Tunggu... Mahasiswa UMM

suka hal yang berbau politik

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mahasiswa UMM Sosialisasikan Pencegahan Kecemasan dan Efektivitas Pembelajaran Daring di Era Pandemi

4 Januari 2021   19:03 Diperbarui: 4 Januari 2021   20:36 68 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa UMM Sosialisasikan Pencegahan Kecemasan dan Efektivitas Pembelajaran Daring di Era Pandemi
Ketua Bidang Pendidikan dan Kebudyaan DPD Malang Partai Nasdem dan Ketua Forum Anak Desa Sumbergondo (dokpri)

Dalam sosialisasi yang dilakukan oleh Robby Mike Riu selaku Ketua Bidang Pendidikan dan Kebudayaan DPD Malang Partai Nasdem, beliau menjelaskan terakit dengan bagaimana cara mencegah kecemasan dan bagaimana efektifitas pembelajaran daring di era Covid-19.

sosialsisi ini di hadiri oleh pengurus forum anak sumbergondo sesuai dengan target sosialisasi mahasiswa pmm umm ini yaitu remaja-remaja yang berada di desa sumbergondo. karena hal ini sangat penting untuk meningkatkan semangat remaja" di desa sumbergondo, mengingat banyaknya keluhan" terkait dengan pembelajaran daring yang saat ini di terapkan oleh pemerintah di seluruh indonesia.

Hal yang urgent adalah saat ini banyak sekali kecemasan-kecemasan yang terjadi pada masyarakat khususnya remaja dalam menghadapi pandemi covid-19. hal ini menurut kami perlunya edukasi terkait dengan psikologi remaja dalam menghadapi covid-19, karena Kondisi emosi remaja akan mudah terguncang seperti, anxiety yang berlebihan, ketakutan akan tertular virus ini dan sebagainya (Dani & Mediantara, 2020). 

Penelitian ini mengungkap tentang kondisi anxiety yang dialami oleh remaja pada masa pandemic COVID- 19. sebelum itu penjelaskan anxiety sendiri merupakan perasaan takut yang tidak jelas objeknya dan tidak jelas pula alasannya (Sarlito, 2012).

Anxiety ini juga dialami oleh para remaja (Gozali, Tjahyo, & Vidyarini, 2018), karena usia remaja dapat dikatakan usia yang masih labil dalam menghadapi kondisi-kondisi yang tidak terduga (Tjukup, Putra, Yustiawan, & Usfunan, 2020). maka dari itulah mengapa hal ini sangat penting karena kondisi bisa menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain itu pentingnya sosialisasi terkait dengan efektifitas pembelajaran daring di era pandemi covid-19 juga sangat di butuhkn remaja, karena hal ini menjadi faktor penting dalam pembelajaran online yang dilakukan pada saat ini. dalam hal ini robi menjelaskan bahwasanya dalam hal ini guru dituntut dapat mendesain media pembelajaran sebagai inovasi dengan memanfaatkan media daring (online).

Hal ini sesuai dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia terkait Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Kegagapan pembelajaran daring memang nampak terlihat di hadapan kita, tidak satu atau dua sekolah saja melainkan menyeluruh dibeberapa daerah di Indonesia. Komponen-komponen yang sangat penting dari proses pembelajaran daring (online) perlu ditingkatkan dan diperbaiki. 

Pertama dan terpenting adalah jaringan internet yang stabil, kemudian gawai atau komputer yang mumpuni,aplikasi dengan platform yang user friendly, san sosialisasi daring yang bersifat efisien, efektif, kontinyu, dan integratif kepada seluruh stekholder pendidikan.

Dapat ditarik kesimpulan bahwasannya hal-hal seperti inilah yanh sebenernya perlu diperhatikan lebih dalam oleh pemerintah dan pihak-pihak yang terkait agar dalam halyang tidak di inginkan tidak terjadi, saat ini menurut kami pemerintah masih tidak memikirkan bagaimana menjaga kesehatan mental pada saat masa pandemi ini, khususnya pada remaja, sehingga banyak remaja yang stress, dan pada akhirnya remaja yang stress tersebut akan berontak. ditambah lagi pada saat ini pembelajaran daring ini sangat tidak efektif dimana dalam implemntasinya siswa sangat di bebani dengan tugas-tugas yang banyak dan hal ini jugalah yang memperparah kondisi mental para siswa. karena bukannya mendapatkan ilmu tetapi malah mendapat beban yang begitu besar yang di bebankan ke siswa. maka dari itu mengapa kelompok 97 gelombang 14 pmm umm melakukan sosialisasi ini, karena masih sangat kurangnya edukasi seperti ini sehingga membuat kelompok ini membuat rangkaian kegiatan berupa sosialisasi agar kedepannya remaja-remaja Desa Sumbergondo lebih mempunyai wawasan dalam menghadapi Covid-19.

Oleh: Dwiko Rynoza Nur Rachman, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang, Selaku Koordinator Kelompok 97 Gelombang 13 PMM UMM.

VIDEO PILIHAN