A. Latar Belakang
Perkembangan teknologi dan komunikasi yang begitu pesat, telah melahirkan sebuah teknologi media baru (new media), salah satunya dengan munculnya media interaksi yang disebut media sosial.
Media sosial sebagai sebuah produk teknologi komunikasi yang hingga saat ini keberadaannya semakin dibutuhkan oleh hampir semua masyarakat dunia, terutama untuk melakukan interaksi sosial antar manusia.
Media sosial membawa potensi hubungan yang interaktif antar pengguna serta membangun hubungan yang setara antara si pengirim pesan dan si penerima pesan.
Kemudahan - kemudahan yang ditawarkan oleh media sosial dapat kita lihat sebagai kelebihan atau sisi positif dari internet.
Tidak dapat dipungkiri, manusia semakin “dimanjakan” dengan berbagai kecanggihan teknologi. Internet dapat memudahkan penggunanya untuk bertukar informasi tanpa harus bertatap muka satu sama lain, menjadi media menyampaikan opini serta ide yang dapat menggerakkan orang lain hingga menjadi media untuk ajang mempromosikan produk, brand hingga personal.
Adanya internet mendorong munculnya berbagai jenis media sosial seperti facebook, twitter, Instagram, Youtube, Whatsapp, Telegram dan sebagainya.
Fenomena internet ini muncul seiring perkembangan sejarah manusia, dengan dilatar belakang kebutuhan manusia dalam melakukan interaksi sosial hingga memenuhi kebutuhan lainnya akan menjalani hidup.
Berbagai fenomena bisa datang dan muncul dari berbagai hal, alam dan manusia adalah dua sumber utama munculnya fenomena.
Transisi fenomena rumit dari alam dan manusia menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kehidupan manusia dan memerlukan langkah dan pendekatan tertentu.
Ilmu komunikasi yang bergelut dengan fenomena manusia, proses pencairan kebenaran sangat berbeda dengan disiplin ilmu pasti (eksak) yang bersumber dari fenomena alam.