Mohon tunggu...
Dwi Gita
Dwi Gita Mohon Tunggu... Mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat UINSU

Mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat peminatan Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Pencegahan Covid-19 di Masa New Normal

2 Agustus 2020   22:50 Diperbarui: 4 Agustus 2020   10:20 165 3 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pencegahan Covid-19 di Masa New Normal
ilustrasi pribadi


Covid-19 sampai saat ini seperti yang kita ketahui bermula dari Kota Wuhan menyebar keseluruh dunia. Orang-orang di dunia ini panik akibat virus ini sehingga timbul lah gerakan Stay at Home dimana semua kegiatan dan aktifitas yang berada diluar rumah dihentikan dan kampus ditutup, para pelajar melakukan belajar online. Dan tempat-tempat umum ada yang ditutup ada juga yang dibatasi pengunjungnya salah satunya yaitu mesjid.

Sebelum kita melakukan berbagai pencegahan sebaiknya kita juga harus mengetahui gejala-gejala covid-19, Gejala awal infeksi COVID-19 bisa menyerupai gejala flu, yaitu demam, pilek, batuk kering, kelelahan, sakit tenggorokan, dan sakit kepala. Setelah itu, gejala dapat hilang dan sembuh atau malah menjadi sangat memberat. 

Gejala covid-19 juga memiliki gejala yang sangat serius seperti sesak napas, mata merah, diare, mual ataupun muntah. Gejala tersebut juga tidak berubah tetapi bertambah buruk apabila sudah terinfeksi dan terpapar oleh virus Corona.

Kebiasaan orang-orang saat ini juga sangat berbeda, sekarang untuk kembali ke New Normal setiap orang wajib menggunakan masker ketika keluar rumah, membawa handsinitizer kemanapun dan membawa perlengkapan sholat sendiri untuk umat muslim. Setiap orang tidak sembarangan bersalaman dan menjaga jarak setiap ada pertemuan. 

Dikarenakan virus Corona setelah kita melihat berbagai informasi seperti di televisi, berbagai media sosial online, radio menyatakan bahwa kasus covid-19 semakin meningkat dimasa new normal karena seperti yang kita lihat secara langsung banyak juga masyarakat yang tidak mematuhi protocol kesehatan sehingga yang seluruh masyarakat harapkan untuk menurunkan angka kematian kasus covid-19 tetapi  semakin meningkat dimasa new normal.

Orang-orang lanjut usia (lansia) dan orang-orang dengan kondisi seperti tekanan darah tinggi, gangguan jantung dan paru-paru, diabetes, atau kanker memiliki kemungkinan lebih besar mengalami sakit lebih serius. Jarak untuk melindungi dari berbagai virus yang ada disekitar tempat tinggal kita. 

Karena orang yang dalam spesifik lansia memiliki imunitas tubuh yang rendah sehingga apabila terpapar ditempat keramaian baik ketika bekerja ataupun kegiatan lainnya karena kita tidak mengetahui seseorang yang terinfeksi virus Corona apabila berada ditempat keramaian sehingga orang yang dalam spesifik lansia ataupun memiliki penyakit berat mudah terinfeksi terhadap virus Corona dan dengan itu hindarilah tempat keramaian, mematuhi protocol kesehatan sesuai anjuran kementrian kesehatan untuk menjaga hidup bersih dan sehat.

Semua masyarakat pasti telah mengetahui bahwasan nya virus Corona ini belum berakhir dan masih dalam masa berbagai bentuk pencegahan yang seharusnya diterapkan dan wajib untuk dilakukan agar sistem new normal ini dapat berhasil dan semua rakyat Indonesia dapat terbebas dari pandemic covid-19 ini. Setelah diberlakukannya sistem new normal kita sebagai masyarakat harus berhati-hati terhadap lingkungan baik dilingkungan tempat tinggal maupun pekerjaan karena kita tidak mengetahui adanya virus covid-19.

Maka dengan itu saya menghimbau kepada seluruh masyarakat agar kiranya tetap melaksanakan protokol kesehatan dimanapun anda berada, karena mematuhi protocol kesehatan merupakan bentuk kerja sama yang dilakukan oleh masyarakat terhadap tenaga medis yang sudah memberikan pelayanan untuk seseorang yang terinfeksi virus Corona, kementerian kesehatan dan Dinas kesehatan tingkat provinsi.

Bentuk pencegahan yang dilakukan pada sistem new normal yang diberlakukan dan wajib dipatuhi oleh setiap masyarakat yaitu Salah satu cara mencegah virus corona di tempat kerja yang paling penting adalah dengan selalu menggunakan masker saat bekerja di kantor. Pastikan memakai masker dengan cara yang benar mulai dari berangkat kerja sampai tiba lagi di rumah. Penggunaan masker dapat melindungi kita dari paparan zat berbahaya, termasuk virus dan bakteri, yang terdapat di udara. 

Selalu menjaga kebersihan dimana pun kita berada, cuci tangan dengan menggunakan air bersih yang mengalir serta hand sanitizer mengandung alkohol. Pengaturan waktu kerja ataupun kegiatan lainnya dimasa new normal tidak terlalu panjang (lembur) yang akan mengakibatkan pekerja kekurangan waktu untuk beristirahat yang dapat menyebabkan penurunan sistem kekebalan/imunitas tubuh. Mengatur asupan nutrisi makanan dan Pilih buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C  untuk membantu mempertahankan daya tahan tubuh. Haruslah saling mengingatkan untuk berjaga jarak minimal 1 meter dari setiap orang apapun bentuk kegiatannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x