Mohon tunggu...
DWI CAHYONO 0604
DWI CAHYONO 0604 Mohon Tunggu... PELAJAR/SISWA

Aku adalah seorang pelajar di SMPN 15 Jakarta. Aku adalah penulis artikel yang bisa menambah pengetahuan kalian lho!. Jangan lupa follow aku ya!

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Yuk intip kesegaran dessert Es Pisang Hijau saat Ramadhan!

30 April 2021   21:47 Diperbarui: 8 Mei 2021   10:59 25 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Yuk intip kesegaran dessert Es Pisang Hijau saat Ramadhan!
Sumber : www.kaskus.co.id

Halo guys! Saat ini aku mau mereview sebuah makanan dessert dari Makassar, Sulawesi Selatan nih! Namanya adalah es pisang hijau. Dari namanya aja udah menarik banget karena ada kata pisang hijau. Pisang hijau di sini bukan berarti pisang yang berwarna hijau, tapi adonan berwarna hijau yang isinya ada pisang matang. Wow unik banget ya! Bahan utama untuk dessert ini terdiri pisang, tepung beras, dan pewarna makanan berwarna. Untuk pelengkapnya ada bubur sumsum, kelapa muda, sirup cocopandan dan nangka. Tampilannya aja udah ngiler banget nih! Makanan ini sudah populer dicari di seluruh Indonesia.

Proses pembuatan es pisang hijau sangatlah mudah dan simple. Caranya tinggal mencampurkan bahan seperti tepung beras dan air panas hingga merata. Saat itu, adonan tepung beras ditambahkan pewarna makanan hijau dan diaduk kembali hingga kalis. Setelah tercampur merata, adonan itu dipipihkan dan pisang yang sudah dikupas kulitnya ditaruh di atasnya. Lalu adonan itu digulung hingga tertutup rapat. Setelah itu juga, adonan itu dikukus selama 10 menit saja. Sementara itu, santan dimasak di atas panci dan ditambahkan gula, garam, dan daun pandan sebagai kuah santan. 

Setelah dikukus, baru diangkat dan dipotong-potong menjadi kecil-kecil. Untuk penyajiannya, dituangkan bubur sumsum, kuah santan, es serut, pisang hijau, sirup cocopandan, nangka, kelapa muda, dan susu kental manis ke dalam gelas. Wah kelihatannya jadi ngiler banget dan langsung pengen nyobain ya! Rasanya udah pas di mulut karena ada manisnya pisang dan segarnya kuah santan yang menggoda. Bagi yang belum mencoba ini wajib untuk mencicipinya karena ini salah satu makanan yang jarang pernah ada di Jakarta. Jadi cocok buat makan saat berbuka puasa.

Menurutku makanan es pisang hijau memang paling the best. Makanan ini punya cita rasa tersendiri karena ada gurihnya pisang dan kuah yang bikin segar. Makanan ini terdapat di berbagai restoran makanan khas Indonesia. Biasanya makanan ini disantap sebagai pencuci mulut. Kalau membeli es pisang hijau harganya lumayan murah sekitar Rp30.000 saja. Kadang-kadang ada yang mahal juga karena tempatnya yang mewah dan ongkos kirimnya jauh. Jadi pas banget buat makan di saat santai.

VIDEO PILIHAN