Mohon tunggu...
Ign Joko Dwiatmoko
Ign Joko Dwiatmoko Mohon Tunggu... Guru yang terpanggil untuk berbagi tulisan

Jagad kata

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Menulislah Supaya Hobimu Membaca Tambah Sempurna

6 Oktober 2019   00:18 Diperbarui: 6 Oktober 2019   10:09 0 8 3 Mohon Tunggu...
Menulislah Supaya Hobimu Membaca Tambah Sempurna
hoby membaca lebih sempurna dengan membaca (teknologi.id)

Banyak rekan guru dan siswa yang hobi membaca. Bacaannya cukup berat dari novel berbahasa Inggris sampai novel - novel populer Indonesia. Bila sudah membaca rasanya ruangan terasa sunyi, sambil membaca mereka menggunakan Headphone untuk mendengarkan alunan musik dari HP. 

Suntuk dan serius, kadang-kadang tersenyum sendiri, ketika ditanya mengapa tertawa- tawa sendiri.

"Mengapa tertawa sendiri", tidak menyahut. Ooo rupanya kupingnya disumbat Headset. Percuma saja menanyainya tidak akan didengar kecuali disenggol. 

Capek deh jika kuping  sudah disumpeli Headset rasanya setiap orang masuk dalam dunianya sendiri- sendiri, baiklah saya juga punya kesibukan sendiri, mumpung pekerjaan belum banyak menulis dulu ah!

Menulis Itu susah Susah Gampang!

Penulis jadi ingin tahu, membaca itu untuk hiburan, mengusir kejenuhan atau kebutuhan. Banyak orang membaca sekedar membaca, tidak berusaha mencoba mengembangkan kemauan dari hobi membaca tersebut. Salah satu ya menjadi penulis, entah membuat novel, cerpen atau artikel di blog, atau platform blog. Istilahnya menjadi blogger.

Rata- rata keluhan mereka yang hobi membaca tetapi tidak berusaha menjadi penulis karena mereka susah memulai bagaimana caranya menulis. Dalam pikirannya sudah banyak ide untuk menulis, tetapi terkendala oleh ketakutan awal saat memulai menyukai suatu kegiatan menulis.

"Susah banget, bagaimana sih caranya memulai menulis?Ketika melotot ke komputer tiba- tiba...mak bedunduk pikiran serasa kosong dan ide yang sebelumnya penuh tiba tiba lenyap."

"Sampeyan bingung apalagi saya."

"Saya bertanya karena dirimu sering menulis dab, pasti tahu jawabannya."

"Saya sih tidak mempunyai resep bagaimana memulai kegiatan menulis. Yang saya tahu menulis ya menulis. Tulis saja pengalaman pribadi, tulis saja keluhan- keluhan di Word, asal menulis juga tidak apa- apa, terus menulis sampai tidak menemukan ide lagi!"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x