Mohon tunggu...
Ign Joko Dwiatmoko
Ign Joko Dwiatmoko Mohon Tunggu... Guru yang terpanggil untuk berbagi tulisan

Jagad kata

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Jangan Lekas Frustrasi Jika Tulisan Kita Sedikit Pembacanya

14 Agustus 2019   08:57 Diperbarui: 14 Agustus 2019   09:12 0 9 6 Mohon Tunggu...
Jangan Lekas Frustrasi Jika Tulisan Kita Sedikit Pembacanya
Sumber gambar Via: goteenwriters.blogspot.com

Seorang penulis seringkali gelisah ketika tulisannya yang diupload di laman blog atau platform blog tidak kunjung mendapat respon. Viewernya tidak memenuhi target, pergerakan pembacanya lambat dan akhirnya hanya mentog di dua digit. Apalagi tulisannya tidak mendapat peringkat apapun entah pilihan bahkan  Artikel Utama.

Viewer Sedikit Tanda Tulisan Gagal?

Penulis serasa gagal membuat tulisan yang bisa memuaskan pembaca, menarik minat pembaca untuk  berkomentar dan memberikan vote yang mengantarkan dia mendapat nilai tertinggi. Apakah tulisan kurang berkualitas, atau dibuat tanpa memperhitungkan segmen pembacanya?

Bisa jadi segmen pembacalah yang membuat tulisan yang berkualitas seringkali tidak mendapat respon baik dari pembaca. Butuh berpikir panjang untuk membacanya. 

Butuh energy jika harus membaca sebuah tulisan yang cenderung mengajak pembaca berpikir dan merenung, kecuali penulis itu memang sudah mempunyai pengikut dan pembaca setia, maka apapun tulisan entah dibaca atau hanya dilihat sekilas langsung di beri vote.

Terkadang penulis memang harus bereksperimen membuat tulisan yang berbeda dengan arus keinginan umum. Gambling istilahnya.Penulis harus sering mengamati tipe-tipe tulisan populer, tulisan yang mengundang minat pembaca atau tulisan yang cukup berat dan perlu waktu khusus untuk memahami isinya.

Mengenal Segmen Pembaca 

Tipe- tipe pembaca yang membaca sambil menunggu kendaraan umum, mereka yang melewatkan perjalanannya dari kantor ke rumah  dengan membuka situs atau blog yang secara sekilas ngin mendapatkan berita tetapi sambil memperhatikan apakah sudah sampai tujuan atau belum. 

Para penulis yang tulisannya ingin sering dilihat dan dibaca tentu akan membuat karya tulisan yang sekali dua kali atau tiga kali sekrol langsung selesai.

Judul harus dibuat seunik mungkin dan kata- kata juga harus diolah agar bisa cepat dipahami. Bisa jadi tulisannya langsung populer dan pembacanya langsung melonjak. Tetapi bagaimanapun kadang penulis mempunyai idealisme. 

Ia harus berani  menanggung resiko mendapatkan pembacanya tidak sesuai target karena ia  ingin menampilkan tulisan yang berkualitas namun tentu saja butuh waktu khusus untuk membacanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3