Mohon tunggu...
Dwi Indah Fatmawati
Dwi Indah Fatmawati Mohon Tunggu... Guru - Guru - Ibu Rumah Tangga

Penulis cerpen Mereka Bilang Aku Bodoh

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Daftarin Anak Sekolah, Apa Aja Sih yang Perlu Dipertimbangkan?

29 Mei 2022   05:13 Diperbarui: 29 Mei 2022   07:48 118 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Ketika memasuki bulan Mei dan Juni, banyak orang tua yang hendak menyekolahkan anaknya merasa galau. Mereka banyak mempertimbangkan tempat untuk mendaftarkan anaknya bersekolah. 

Banyaknya pilihan sekolah, sistem PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru), Zonasi sekolah, dan lain-lain akhir-akhir ini juga turut menyumbang kegalauan para orang tua. Nah, berikut adalah beberapa pertimbangan yang dapat para ortu fikirkan sebelum memilih sekolah yang tepat bagi putra-putri kesayangan bapak/ibu sekalian :

Lokasi sekolah

Lokasi sekolah yang dekat dengan rumah akan menghemat waktu perjalanan. Sudah menjadi rahasia umum bahwa jam-jam berangkat sekolah adalah jam yang lumayan padat. 

Jika ortu ingin memilih lokasi sekolah yang cukup jauh dari rumah, ortu harus memastikan si anak berangkat lebih pagi agar tidak terlambat masuk sekolah. 

Jika si anak masih kecil, jarak yang jauh juga membuat ortu harus meluangkan waktu untuk mengantar putra-putri mereka agar selamat sampai di sekolah. Tetapi jika lokasi rumah cukup dekat, maka waktu perjalanan ke sekolah tentu juga lebih sedikit. Hal ini akan membuat anak-anak merasa nyaman dan tidak kecapekan karena jauhnya jarak yang ditempuh.

Jenis sekolah

Dengan banyaknya macam sekolah seperti Sekolah Swasta Negeri, berbasis agama atau umum, berstandar nasional atau internasional juga menjadi salah satu bahan pertimbangan para orang tua sebelum menyekolahkan putra-putrinya. 

Kemana arah pendidikan putra-putri di masa depan.jika orang tua menginginkan anaknya menjadi pribadi yang agami dan religius, ortu bisa memasukkan putra-putrinya ke sekolah yang berbasis keagamaan. Jika ortu, ingin putra-putri mendapat pendidikan yang setara dengan luusan luar negri, maka sekolah berstandar internasional dapat menjadi pilihan.

Program sekolah

Untuk mendukung pengembangan diri peserta didik, sekolah-sekolah biasanya memilki program kegiatan unggulan. Program unggulan ini adalah program yang dikhususkan untuk mengembangkan bakat dan minat peserta didik. Program unggulan bisa dalam bentuk intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan