Mohon tunggu...
Dwi Isnaini
Dwi Isnaini Mohon Tunggu... Wiraswasta - Mompreneur yang menyukai dunia tulis menulis

Owner CV Rizki Barokah perusahaan dalam bidang makanan ringan. Penulis buku "Karakter Ayah Pebisnis untuk Sang Anak Gadis"

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Pengusaha Sejati Tidak Takut Melakukan Kesalahan

27 September 2021   02:06 Diperbarui: 27 September 2021   08:51 120 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pengusaha Sejati Tidak Takut Melakukan Kesalahan
iklanvideotron.com

Menjadi pengusaha bukanlah hal yang besar. Semua orang bisa menjadi pengusaha tanpa batasan usia. Anak teman saya yang baru berusia 11 tahun sudah mempunyai usaha online. 

Dia menjual konektor masker, bros, kaos kaki dan bermacam pernak pernik Muslimah lainnya dengan omzet jutaan rupiah per bulan. Dari usahanya itu, dia bisa membiayai sekolahnya sendiri dan membantu penghasilan orangtuanya.

Lalu apa definisi pengusaha?

Pengusaha adalah kata yang penting yang memiliki makna yang berbeda bagi setiap orang. Definisi pengusaha menurut Barron's dalam bukunya "Finance and Investment Handbook", adalah orang yang mengambil resiko dengan mendirikan usaha baru.

Menurut saya yang sudah 23 tahun berkecimpung di dunia bisnis, definisi tersebut ada benarnya karena seorang pengusaha harus berani mengambil resiko apapun dalam bisnisnya. Tanpa keberanian mengambil resiko maka bisnisnya akan jalan ditempat dan cenderung akan gagal.

Pertanyaan selanjutnya adalah, "Apakah orang terlahir sebagai pengusaha atau apakah pengusaha diciptakan?"

Saya percaya kalau kita semua terlahir sebagai pengusaha. Karena sudah menjadi fitrah manusia untuk mempertahankan hidup, salah satu caranya adalah dengan menjadi pengusaha. Diatas saya ceritakan ada seorang anak 11 tahun yang sudah berjualan secara online karena terdesak ekonominya.

Tidak takut salah

Seorang pengusaha adalah orang yang mampu menjawab tantangan zaman. Mampu memecahnya segala masalah akibat perubahan situasi dan kondisi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan