Mohon tunggu...
Dwi RatnaYulianti
Dwi RatnaYulianti Mohon Tunggu... Lainnya - seringkali aku berfikir setiap hari bekerja tiada henti, tapi setiap orang bertanya padaku tidak tahu apa pekerjaanku sebenarnya

kategori manusia biasa yang membutuhkan dana penyangga kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Indonesia Lestari Pilihan

Mencegah Krisis Pangan Melalui Petani Pedesaan dan Investasi Hijau

29 Juli 2022   22:44 Diperbarui: 29 Juli 2022   22:57 73 9 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Investasi hijau berkaitan dengan salah satu dari tiga isu yang menjadi prioritas dalam Presidensi G20 2022 yaitu transisi energi berkelanjutan adalah proses pengalihan sumber energi dari bahan fosil yang semakin menipis kepada sumber-sumber yang tidak menghasilkan pembakaran senyawa yang mengandung karbon. 

Bahan bakar fosil yaitu minyak bumi, gas alam, batu bara. Pengganti bahan bakar fosil seperti energi matahari, energi air untuk listrik, angin dan panas bumi dan masih banyak macamnya. 

Sumber energi yang berasal dari alam dapat dipergunakan diisi ulang terus menerus, dapat diperbaharui, tidak memberikan dampak buruk untuk lingkungan. Dengan menjaga, menyayangi alam, alam akan membalasnya dengan menyayangi dengan memberi manfaat untuk manusia.

Bank Indonesia sebagai bank sentral mendukung dan mendanai investasi hijau. Dikutip situs bi.go.id "Bank Indonesia mendukung hadirnya Asian Green Bond Fundd yang diluncurkan Bank for International Settlements (BIS), organisasi kerjasama antar bank sentral, 

pada hari ini Asian Green Bond Fund merupakan salah satu inisiatif Asian Consultative Council (ACC) BIS, untuk mendukung investasi hijau di kawasan Asia dan Pasifik". Selain bank Indonesia, sektor swasta tidak lepas tangan ikut membiayai investasi hijau.

Yang menjadi penyebab investasi hijau dikembangkan dan dilirik negara-negara didunia karena peningkatan permintaan energi penambahan jumlah penduduk sedangkan sumber energi fosil semakin menipis, perubahan iklim, pemanasan global. Selain itu dampak pandemi seolah-olah menjadi pemacu untuk segera memulihkan perekonomian melalui investasi hijau. 

Akibat pandemi jomplangnya perekonomian berimbas pada ratusan perusahaan gulung tikar pengangguran semakin berjubel kemiskinan otomatis meningkat.

Jujur saya sebagai orang pinggiran untuk memahami kata investasi hijau membutuhkan proses panjang sampai mulai membuat tulisan ini masih belum mengerti apa sebenarnya investasi hijau. 

Menurut pemahaman saya Investasi hijau terdiri dari dua kata yaitu; investasi adalah penanaman modal dengan harapan disuatu masa mendapatkan hasil dan keuntungan dari penanaman modal tersebut, dan hijau sebuah warna berkaitan dengan tumbuhan dapat disimpulkan Investasi hijau adalah penanaman pohon memelihara pohon menjaga, merawat alam yang sudah ada agar generasi berikutnya dapat melihat merasakan manfaatnya. 

Tujuan utama investasi hijau menjaga kelangsungan perekonomian dan kehidupan dimuka bumi dengan memanfaatkan energi hijau menggunakan energi alternatif seperti energi matahari, energi air dan lain-lain. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Indonesia Lestari Selengkapnya
Lihat Indonesia Lestari Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan