Mohon tunggu...
Dwi Aprilytanti Handayani
Dwi Aprilytanti Handayani Mohon Tunggu... Kompasianer Jawa Timur

Ibu rumah tangga anak 2, penulis konten freelance, blogger, merintis usaha kecil-kecilan, hobi menulis dan membaca Bisa dihubungi untuk kerjasama di bidang kepenulisan di dwi.aprily@yahoo.co.id atau dwi.aprily@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

"Ada Anak Bertanya pada Bapaknya" Gambaran Bonding Anak-Orangtua

22 April 2021   14:16 Diperbarui: 22 April 2021   14:25 614 10 9 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Ada Anak Bertanya pada Bapaknya" Gambaran Bonding Anak-Orangtua
Ayah dan Anaknya, Dokpri

Ramadan telah memasuki hari kesepuluh. Mudah-mudahan niat berpuasa dan berlomba mencari pahala masih utuh. Pengalaman selama bertahun-tahun, menjelang pertengahan Ramadan, shaf sholat jamaah masjid mulai mengalami kemajuan, alias kian maju sebab jamaahnya berkurang. Sebagian jamaah mungkin pulang kampung, sebagian lagi memilih window shopping di mall sambil berburu diskonan.

Pusat-pusat perbelanjaan turut memeriahkan Ramadan. Lagu-lagu bertema religi menyambut pengunjung yang datang. Salah satu yang sering diputar di pusat perbelanjaan saat bulan puasa adalah lagu Ramadan favorit saya:  “Ada Anak Bertanya Pada Bapaknya”, dari grup band Bimbo yang melegenda. Lirik lagunya sederhana tetapi sarat makna. Nada lagu dan aransemennya ceria, sehingga tak membosankan meski diulang-ulang. Nasihat yang tersurat dan tersirat pun dengan mudah terngiang-ngiang

(Sumber youtube: GP Records)

Ada anak bertanya pada bapaknya
Buat apa berlapar-lapar puasa
Ada anak bertanya pada bapaknya
Tadarus tarawih apalah gunanya

Lapar mengajarmu rendah hati selalu
Tadarus artinya memahami kitab suci
Tarawih mendekatkan diri pada Ilahi


Lihatlah langit keampunan yang indah

Membuka luas dan anginpun semerbak
Nafsu angkara terbelenggu dan lemah
Bunga ibadah dalam ikhlas sedekah

Lapar mengajarmu rendah hati selalu

Tadarus artinya memahami kitab suci
Tarawih mendekatkan diri pada Ilahi

Bimbo adalah grup musik asal Bandung yang didirikan sekitar tahun 1967. Personelnya merupakan tiga bersaudara Sam, Acil dan Jaka. Seiring perkembangannya, adik perempuan mereka Iin Parlina juga turut ambil bagian sebagai vokalis. Lagu-lagu yang dibawakan Bimbo beragam. Mulai dari lagu-lagu cinta, satire sosial hingga lagu-lagu religi Islam.

 Di bulan Ramadan dan saat lebaran, lagu-lagu Bimbo menyemarakkan suasana sekaligus mengenalkan tentang agama dengan cara yang mudah dicerna. “Ada Anak Bertanya Pada Bapaknya” adalah salah satu contoh nyata. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN