Dwi Aprilytanti Handayani
Dwi Aprilytanti Handayani Penulis lepas (konten writer)

Ibu rumah tangga anak 2, penulis konten freelance, blogger, merintis usaha kecil-kecilan, hobi menulis dan membaca Bisa dihubungi untuk kerjasama di bidang kepenulisan di dwi.aprily@yahoo.co.id atau dwi.aprily@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Inspirasi Istimewa Di Balik Jenama "The Wonderful Indonesia"

7 Desember 2018   10:45 Diperbarui: 7 Desember 2018   11:57 226 1 0
Inspirasi Istimewa Di Balik Jenama "The Wonderful Indonesia"
Labuan Bajo, Sumber: FP (Facebook) Wonderful Indonesia (Pict: Christina Tan)

Tempo hari beranda media sosial saya penuh share artikel bertagline Wonderful Indonesia. Rupanya sedang ada lomba blog mengenai tagline yang sudah mendunia ini. Senang rasanya membaca artikel-artikel tentang aneka obyek wisata Indonesia. Mata seperti dimanjakan dengan keindahan panorama nusantara.

Awalnya terkesima oleh foto-foto menawan dari artikel tentang wisata milik teman-teman, eh akhirnya saya jadi tertarik menggali informasi lebih dalam mengenai jenama alias tagline The Wonderful Indonesia itu sendiri.

Apa Makna The Wonderful Indonesia?
The Wonderful Indonesia adalah logo yang digunakan oleh Kementerian Pariwisata sebagai jenama, logo, label, simbol yang memperkenalkan identitas obyek wisata asli Indonesia agar berbeda dan mudah diingat oleh masyarakat luas terutama di mancanegara. Obyek wisata Indonesia tidak melulu tentang keindahan alamnya tetapi juga keunikan adat istiadat, atraksi seni dan festival budaya.

Gerbang Pulau Dewata Sumber: FP (Facebook) Wonderful Indonesia Pict: Johnny Ferniz
Gerbang Pulau Dewata Sumber: FP (Facebook) Wonderful Indonesia Pict: Johnny Ferniz
Penggunaan labeling, tagline, logo biasa digunakan industri sebagai brand, agar ketika masyarakat mendengar tagline dan memandang logonya langsung teringat pada produk atau jasa yang sedang "dijual" . Sebagai implikasi dari identitas obyek wisata di Indonesia, pemakaian logo dan tagline The Wonderful Indonesia ini boleh digunakan oleh pihak swasta, partner Kementerian Pariwisata yang bergerak di bidang tour and travel, produksi suvenir dan cendera mata khas Indonesia atau bisnis lain yang berkaitan dengan dunia wisata.

The Wonderful Indonesia hadir menggantikan branding wisata Indonesia yang sebelumnya bertajuk "The Ultimate in Diversity" yang bisa diartikan secara bebas sebagai Keragaman Tiada Tanding.

Meski mungkin tujuan dan muatan pesannya sama yaitu memperkenalkan wisata Indonesia, rasanya slogan The Wonderful Indonesia lebih mudah diingat dan mengena ya. Singkat, padat, berisi. Dan jelas identitas "Indonesia"nya.

Pulau Morotai, Sumber: FP (Facebook) Wonderful Indonesia Pict: Paramiswari_ket
Pulau Morotai, Sumber: FP (Facebook) Wonderful Indonesia Pict: Paramiswari_ket
Branding Wonderful Indonesia ini mulai diperkenalkan sejak Tahun 2011. Menteri Pariwisata yang bertugas saat itu, Ir. Jero Wacik SE menjelaskan bahwa branding Wonderful Indonesia bertujuan untuk mengeksplorasi dan memperkenalkan:

Wonderful Nature - Keindahan panorama Indonesia sungguh menawan. Hamparan pantai, laut gunung, sungai, danau, sawah, hutan dan aneka obyek wisata lain menyimpan pesona yang luar biasa.

Wonderful Culture - Keanekaragaman budaya Indonesia adalah kekayaan bangsa yang tak ternilai ragamnya. Kesenian, kebudayaan, adat istiadat, bahasa, gaya hidup, cara hidup, kain khas tradisional adalah potensi wisata yang tiada tandingannya.

Wonderful People - Masyarakat Indonesia dikenal sebagai bangsa yang ramah, murah senyum dan memiliki toleransi tinggi. Hal ini adalah modal utama dalam industri wisata sebagai kaitannya dalam Hospitality Industry

Wonderful Food - Wisata kuliner adalah hal yang tak kalah menarik minat para wisatawan. Aneka ragam suku bangsa di Indonesia menawarkan aneka ragam wisata kuliner yang menggugah selera karena penuh cita rasa dan sajiannya layak diabadikan dalam instagram, blog maupun sebagai koleksi pribadi.

Wonderful Value For Money - Ongkos berwisata adalah salah satu pertimbangan bagi para wisatawan untuk berkunjung. Adalah tugas Kementerian Pariwisata, pihak swasta yang berkecimpung di dunia pariwsata serta masyarakat pada umumya untuk menciptakan iklim yang kondusif sehingga para wisatawan merasa uang yang dibelanjakannya setimpal dengan kesenangan yang didapatkan.

Kelingking Secret Point, Nusa Penida Bali Sumber FP (FB) Wonderful Indonesia (Pict Agusleo Halim)
Kelingking Secret Point, Nusa Penida Bali Sumber FP (FB) Wonderful Indonesia (Pict Agusleo Halim)
Mengikuti perkembangan zaman dan tuntutan industri pariwisata, Kementerian Pariwasata pun memperluas makna Five Wonders menjadi lima pilar tematik pesona yaitu:  pesona alam (nature, scenic landscape and wildlife wonders); pesona cita rasa indrawi (culinary & wellness wonders); pesona budaya (art, culture and heritage wonders); pesona kekinian (modern recreation and leisure wonders); dan pesona petualangan (adventurous wonders). Kelima pesona tersebut memiliki kesatuan dengan apa yang disebut sebagai "Dunia Pesona" (World of Wonders), yakni Indonesia itu sendiri.

Logo The Wonderful Indonesia dan Artinya

Terdapat dua model Logo The Wonderful Indonesia yaitu:

1. Model Full Colour. Berupa background putih, tulisan Wonderful Indonesia dan semburat lima warna (biru, hijau zamrud ungu, jingga dan magenta) yang menyerupai sosok burung garuda.

Logo Wonderful Indonesia, sumber www.indonesia.travel.com
Logo Wonderful Indonesia, sumber www.indonesia.travel.com
2. Model Monokrom yaitu dasar hitam dengan tulisan Wonderful Indonesia dan semburat warna putih yang menyerupai burung garuda. Model monokrom ini bisa digunakan pada materi yang kaya warna sehingga model full colour mungkin tidak menonjol.

Logo Wonderful Indonesia monokrom sumber www.indonesia.travel.com
Logo Wonderful Indonesia monokrom sumber www.indonesia.travel.com
Makna logo The Wonderful Indonesia ini secara simbolik menggambarkan Garuda Pancasila, baik sebagai lambang negara maupun lambang perdamaian sekaligus satwa khas Indonesia. 

Sedangkan semburat lima warna pada versi Full Colour adalah lambang khatulistiwa (hijau zamrud), biru laut (negara maritim dan kepulauan terbesar di Indonesia) dan warna-warna ungu, jingga (oranye) dan magenta menggambarkan keanekaragaman pesona Indonesia. 

Bisa juga ditafsirkan sebagai perwujudan Pancasila. Dan bebas diterjemahkan sebagai lambang lima pemangku kepentingan di dunia kepariwisataan yang meliputi pemerintah, komunitas, bisnis, media dan akademisi. Bahkan boleh diartikan sebagai lima jenis "wonderful" yang menjiwai The Wonderful Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2