Di dalam industri kerja profesional yang serba cepat sekarang ini, kemampuan berkomunikasi yang efektif dan efisien, sudah bukan lagi sebuah nilai tambah. Kemampuan berkomunikasi seperti ini, sudah merupakan sebuah kewajiban. Setiap profesional, harus dapat menguasai kemampuan berbahasa yang baik dan juga benar. Hal ini wajar, mengingat kemampuan berkomunikasi yang efektif dan efisien, dapat memudahkan bisnis mencapai tujuan utamanya.
Baca Juga:Â 5 Jenjang Karir yang Bisa Dapatkan Jika Kita Menguasai Ilmu Big Data
Kemampuan seperti ini, dapat membantu perusahaan untuk meminimalisir terjadinya kesalahpahaman antara divisi kerja yang ada. Tentu saja, kemampuan berkomunikasi efektif dan efisien ini dapat kita pelajari berdasarkan banyak jenis. Satu di antaranya adalah jenis komunikasi non verbal seperti business writing skills.
Apa itu business writing skills?. Didapatkan dari Duta Training, Business writing skills adalah kemampuan untuk dapat menyampaikan informasi secara jelas, terstruktur, dan profesional dalam berbagai konteks kerja. Kemampuan seperti ini, sangat diperlukan untuk penulisan email, laporan, proposal, outline presentasi, dan lain sebagainya.
Di dalam artikel ini, mimin akan menjelaskan berbagai manfaat yang bisa didapatkan jika seorang profesional memiliki business writing skills yang baik.
1. Meningkatkan Profesionalisme dan Citra Perusahaan
Manfaat pertama yang bisa didapatkan jika kita memiliki business writing skills yang baik, adalah mampu meningkatkan citra profesionalisme yang dimiliki. Bukan hanya untuk individu saja, peningkatan citra ini juga dapat dirasakan oleh perusahaan tempat individu tersebut bekerja.
Citra positif seperti inilah yang akan menjadikan calon mitra, klien dan juga investor lebih mudah percaya dengan penawaran yang perusahaan Anda berikan.
2. Membantu Proses Pengambilan Keputusan Lebih Cepat dan juga Tepat
Manfaat berikutnya dari business writing skills adalah dapat membantu proses pengambilan keputusan lebih cepat dan juga tepat. Manfaat ini, bisa dirasakan dari dua sisi, yakni dari sisi internal perusahaan, di mana karyawan dapat dengan mudah memahami informasi yang ada. Mereka dapat menjadikan itu sebagai pedoman kerja yang baik.
Sedangkan sisi lainnya, yakni sisi eksternal perusahaan seperti calon klien atau mitra, mereka jadi lebih mudah memahami bentuk penawaran yang disampaikan. Menjadikan mereka untuk lebih mudah mengambil keputusan bisnis yang cepat.
3. Meningkatkan Kolaborasi Tim
Seperti yang sudah mimin jelaskan tersirat di manfaat sebelumnya, business writing skills ini mampu membantu perusahaan untuk meningkatkan kualitas kolaborasi antara divisi atau tim kerja. Apabila setiap anggota tim memiliki business writing skills yang baik, maka itu akan memudahkan mereka untuk saling memahami peran dan tugasnya masing-masing secara jelas. Risiko kerja seperti misunderstanding dapat diminimalisir.
4. Meningkatkan Lead dan Konversi Bisnis
Sama seperti sebelumnya, manfaat ini sudah secara tersirat mimin jelaskan di bagian kedua. Di mana business writing skills dapat membantu perusahaan untuk lebih mudah mendapatkan calon klien atau mitra yang baru.
Terlebih lagi jika dokumen bisnis yang ditulis memiliki sifat persuasif yang begitu kuat, itu akan memudahkan perusahaan membangun kerja sama baru dengan mitra atau juga mendapatkan klien tetap baru. Dokumen bisnis yang ditulis secara rapi, menarik, dan mudah dipahami, dapat dikatakan sebagai salah satu kunci penting daripada keberhasilan divisi pemasaran dan pengembangan bisnis.
5. Mengurangi Risiko dan Kesalahan Operasional
Terakhir, adalah business writing skills yang mampu membantu perusahaan untuk mengurangi risiko dan kesalahan operasional akibat penulisan dokumen bisnis yang tidak jelas. Ketika informasi tidak disampaikan secara akurat, kesalahan interpretasi akan lebih mudah terjadi.
Business writing yang berkualitas memastikan setiap detail instruksi dan kesepakatan terdokumentasi dengan baik. Hal ini penting untuk mengurangi potensi sengketa hukum, menghindari kerugian akibat salah paham, serta meningkatkan kepatuhan terhadap kebijakan perusahaan.
Inilah penjelasan lengkap tentang manfaat business writing skills yang baik. Untuk bisa mendapatkan kemampuan seperti ini, Anda harus sering berlatih memahami situasi, membaca, dan juga menulis.
Baca Juga:Â Mengapa Skill Excel itu Diperlukan untuk Dunia Kerja?
Perkuat pengetahuan Anda tentang brand knowledge yang ada. Selain dengan mempelajarinya secara otodidak, Anda juga bisa meningkatkan kemampuan ini melalui pelatihan BNSP terstandar, dilatih oleh mereka yang sudah ahli dan berpengalaman.
Semoga informasi yang diberikan ini, bemanfaat ya!..
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI