Mohon tunggu...
DTP
DTP Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Solusi Data Center untuk Semua Jenis Kebutuhan

5 April 2016   15:28 Diperbarui: 5 April 2016   15:59 74 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

[caption caption="Solusi Data Center dari DTP"][/caption]Pemakaian internet yang semakin luas meliputi berbagai lapisan masyarakat di segala bidang, secara otomatis juga meningkatkan kebutuhan akan fasilitas penyimpanan data. Mulai dari transaksi perbankan, jual-beli lewat toko online, mengakses jejaring sosial, bermain game online, hingga bertukar pesan lewat aplikasi di ponsel kini  sudah jadi hal rutin yang tak bisa dilepaskan dari keseharian kita. Seluruh aktivitas tersebut terhubung pada pusat penyimpanan data atau data center dari masing-masing aplikasi atau situs web, yang berada di suatu tempat dengan desain khusus untuk menampung dan mengelolanya.

“Untuk saat ini, kebutuhan akan data center di Indonesia sangat besar dan masih akan terus meningkat. Sekarang ini orang mulai kenal internet untuk berjualan secara online atau bermain game online. Perusahaan-perusahaan yang sudah memiliki domain online pun pasti membutuhkan layanan untuk email dan website yang data-datanya harus tersimpan dengan aman,” ujar Bapak Umar Dani selaku Sales Manager Data Center Solution dari PT. Dwi Tunggal Putra (DTP)

Salah satu penyedia solusi untuk kebutuhan data center tersebut adalah PT Dwi Tunggal Putra (DTP) yang sudah berpengalaman lebih dari 15 tahun di bidang telekomunikasi. Lewat brand Graha Sarana Data (GSD), DTP menghadirkan layanan data center yang handal dan terpercaya. Pertama kali diluncurkan pada tahun 2001, GSD mengambil lokasi di Lantai Basement Menara Cyber. Dengan perkembangannya kini, fasilitas data center yang dimiliki sudah mencakup lokasi baru di Lantai 3 Menara Cyber serta Lantai Dasar Menara TIFA.

“Kami melihat pangsa pasar untuk segmen Usaha Kecil Menengah (UKM) jauh lebih besar. Karena perusahaan-perusahaan start-up atau yang baru mulai merintis usaha sebenarnya banyak yang  membutuhkan layanan data center, meskipun anggaran mereka mungkin masih terbatas,” tambahnya.

Karena itulah, DTP secara khusus juga menyediakan layanan data center yang memberi peluang bagi pengusaha kecil menengah atau perusahaan yang baru merintis jejaknya dengan pemanfaatan internet. Ini sejalan dengan tujuan DTP untuk terus menghasilkan solusi efektif, melalui paket layanan data center handal dan terjamin keamanannya dengan harga yang kompetitif. Ketersediaan paket yang bervariasi memungkinkan baik perusahaan besar juga perusahaan kecil bisa mendapatkan layanan data center sesuai kebutuhan dan anggaran masing-masing.

Dengan harga yang terjangkau, pelanggan tetap bisa mendapatkan layanan berkualitas tinggi. Secara infrastruktur gedung lokasi GSD juga sudah dilengkapi dengan sistem raised floor dengan tinggi plafon 3 meter, yang sesuai dengan peruntukan fungsi data center. Untuk cadangan listrik, seluruh server didukung oleh UPS Central serta Generator Sets milik GSD sendiri yang mampu bertahan hingga 72 jam. Infrastruktur GSD pun memiliki pemisahan zona api dengan FM 200 – ProAction dan dry pipe, serta dilengkapi kabel UTP Cat-5 dan Fiber Optic. Pengaturan suhu udara menggunakan Hot & Cold Aisle System, dengan adanya pemisahan antara ruang panas dan dingin. Lalu, dari sisi keamanan, GSD mengantisipasi dengan Smart Card Proximity dan rekaman CCTV non-stop 24 jam sehari selama 7 hari seminggu, ditambah dengan mekanisme Security Patrol.

Untuk sistem koneksi, pelanggan tak perlu lagi meragukan collocation yang didukung main-link via submarine fiber optic yang terhubung langsung ke AS 6453 Teleglobe, AS 7473 STIX, dan Equinix Peering. Multiple bandwith tersebut terhubung dari Jakarta ke Singapura secara langsung ke multiple upstream kualitas Tier-1. Untuk multiple bandwith lokal, digunakan Indonesia Internet Xchange (IIX) dan Open Internet Xchange Provider (OIXP). Selain itu, ada pula layanan peralatan jaringan yang redundan, sistem kabel terstruktur,  serta pemantauan layanan non-stop yang dilakukan secara proaktif tehadap setiap aktifitas jaringan.

Tak hanya sebatas itu, karena DTP adalah penyedia solusi telekomunikasi terintegrasi, maka pelanggan juga bisa meminta layanan yang diperlukan untuk melengkapi kebutuhan khususnya. Layanan GSD dapat dikombinasikan dengan layanan lain yang disediakan DTP, yang mencakup DTPnet sebagai premium IP transit solution; IDnet sebagai satellite network solution; serta BUANTER sebagai Internet Service Provider.  Inilah kemudahan layanan satu pintu yang juga disediakan oleh DTP bagi para pelanggannya.

“Ke depan, kami juga sudah menyiapkan terobosan baru, untuk semakin meningkatkan layanan data center dari DTP. Dalam waktu dekat ini, kami akan meluncurkan GSDα dan mengoperasikan lokasi data center baru. Rinciannya belum bisa kami sampaikan sekarang, tapi yang jelas ini akan menghadirkan nilai lebih bagi pelanggan,” pungkasnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan