Mohon tunggu...
David.R.H
David.R.H Mohon Tunggu... Jadikan hobi sebagai pekerjaan

Berbagi ilmu dan pengalaman hidup

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

[Event Semarkutiga] Tips Skripsi Selesai Tepat Waktu

6 Februari 2020   00:05 Diperbarui: 6 Februari 2020   00:13 64 6 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
[Event Semarkutiga] Tips Skripsi Selesai Tepat Waktu
mojok.co

Halo sobat kompasianer, kalian tentu tidak asing mendengar kata "skripsi" dalam kehidupan sehari-hari, apalagi bagi kaum akademisi. Seperti yang kita ketahui bersama, skripsi atau tugas akhir merupakan salah satu syarat agar mahasiswa dapat memperoleh gelar sarjana. 

Nah, walaupun mahasiswa hanya dituntut untuk membuat sebuah tugas akhir, namun tak jarang kita menemui mahasiswa yang suka menunda untuk mengerjakannya dengan berbagai alasan dan kepentingan.

Skripsi merupakan sebuah bentuk tugas akhir yang dimana para mahasiswa dituntut untuk membuat sebuah penelitian yang berkaitan dengan program studi yang dipilihnya semasa perkuliahan. 

Skripsi sendiri memiliki bobot nilai yang cukup besar bila dibandingkan dengan nilai mata kuliah atau praktek kerja lapangan (magang). Mau tidak mau, suka tidak suka, mahasiswa S1 memang diharuskan untuk membuat skripsi agar masa perkuliahannya dapat terselesaikan dan segera memperoleh gelar sarjana.

Kebetulan saya sendiri merupakan mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan skripsi. Berikut tips dari saya agar skripsimu tidak tertunda dan dapat terselesaikan dengan tepat waktu.

Pertama, mulai pikirkan topik. Untuk memikirkan topik skripsi, kita tidak harus menunggu saat sudah mengambil skripsi. Pada awal sejak kita masuk ke dunia perkuliahan, ada baiknya jika kita sudah mulai memikirkan kedepan, saya akan ambil topik skripsi apa ya, agar saya tidak bingung dalam menentukan penjurusan mata kuliah yang akan diambil. 

Jika memang pada saat masih menjadi mahasiswa baru belum terpikirkan akan mengambil topik skripsi yang bagaimana, namun seiring berjalannya waktu perlu segera kita pikirkan agar saat akan mengambil skripsi, kita tidak kebingungan lagi dan bahkan kita tidak mengganti topik karena jika kita mengganti topik skripsi, maka waktu yang dibutuhkan untuk lulus akan lebih lama.

Kedua, berani bertanya. Sebagai mahasiswa, kita tidak boleh malu untuk bertanya kepada teman, senior atau kakak tingkat, dan bahkan kepada dosen kita. Jika kita memang mengalami kebingungan pada saat mengerjakan skripsi, ada baiknya kita bertanya kepada siapapun yang memang kita yakin dan percaya bahwa orang tersebut dapat membantu dan mengarahkan kita. Bisa dimulai kepada teman atau senior, dan jika mereka juga tidak bisa, maka bisa kita tanyakan kepada para dosen. Terkadang jika kita berani bertanya, maka hal yang menurut kita itu sulit akan mudah terselesaikan berkat bantuan pemikiran oleh orang lain.

Ketiga, saling membantu. Kita sebagai makhluk sosial tentu akan membutuhkan bantuan orang lain. Sebelum kita mengharapkan bantuan dari orang lain, maka ada baiknya kita sendiri ringan tangan untuk membantu teman kita yang sedang mengerjakan skripsi. Karena jika segala sesuatu dikerjakan sendiri (terutama skripsi), maka kita akan mudah kelelahan atau stress dan kita sendiri yang menanggungnya. Beda cerita jika kita saling membantu, skripsi kita akan dapat mudah untuk diselesaikan.

Keempat, cari dan tinggal pada kondisi lingkungan kondusif. Maksud dari tips keempat ini adalah kita perlu mencari suasana kos atau tempat tinggal yang kondusif agar skripsi kita dapat terselesaikan dengan lancar dan aman. Seperti mencari tempat yang tenang dan nyaman pada saat ingin mengerjakan skripsi, menghindari tempat bermain atau tempat nongkrong karena kita bisa saja terpengaruh, dan berbagai kondisi lingkungan lain yang kita rasa bahwa itu memang cocok dan bisa membuat kita fokus untuk mengerjakan skripsi.

Kelima ingat waktu, ingat umur, ingat orang tua. Waktu akan berjalan terus menerus dan tidak akan menunggu kita. Seiring berjalannya waktu, umur kita juga pasti akan bertambah dan seiring bertambahnya umur kita, perlu kita ingat bahwa orang tua kita juga bertambah usianya. Tentu kita ingin melihat orang tua kita tersenyum bahagia saat menghadiri upacara wisuda kita. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x