Mohon tunggu...
Wahyu Triasmara
Wahyu Triasmara Mohon Tunggu... Dokter - Owner Klinik DRW Skincare

Seorang manusia biasa kebetulan berprofesi dokter yang ingin berbagi cerita dalam keterbatasan & kesederhanaan.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Skincare Pengaruhi Kesehatan Mental

25 November 2023   09:00 Diperbarui: 25 November 2023   09:09 51
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Src. Freepik.com, skincare pengaruhi kesehatan mental

Ya! Benar. Merawat kesehatan kulit dengan melakukan serangkaian produk skincare merupakan hal yang bisa dilakukan secara rutin. Namun, tidak sedikit juga orang yang masih malas melakukan perawatan kulit ini.

Pemakaian skincare dalam kehidupan sehari-hari memberikan manfaat yang cukup baik untuk menjaga kesehatan kulit. Bahkan, pemakaian skincare dikatakan dapat berpengaruh pada kesehatan mental. Banyak juga orang yang mempertanyakan soal kebenaran pemakaian skincare yang dapat berpengaruh pada kesehatan mental.

Pemakaian skincare untuk merawat tubuh dan kulit memang memiliki dampak yang positif. Selain dapat membuat kulit lebih sehat, skincare berperan besar dalam menyegarkan sirkulasi udara pada kulit.

Namun seiring berjalannya waktu, pemakaian skincare dalam aksi untuk merawat kulit dengan rutin ini diketahui dapat mempengaruhi kesehatan mental. Hal tersebut telah dibuktikan dengan riset para ahli yang kemudian mengemukakan bahwa merawat kulit bagus untuk meningkatkan keseimbangan kesehatan mental.

Ada beberapa manfaat pemakaian skincare yang berpengaruh untuk kesehatan mental, salah satunya adalah:
1. Bentuk Self-Love dan Self-Care
Melakukan tahapan skincare secara rutin adalah bentuk kepedulian diri dalam merawat dan menjaga kesehatan tubuh. Hal ini merupakan aksi dan bentuk dari mencintai diri sendiri. Self care dengan melakukan rutinitas pemakaian skincare dapat menurunkan kadar stres dan rasa cemas berlebih.

2. Menjaga Stabilitas Mental
Memang bisa menjaga stabilitas mental hanya dengan pemakaian skincare? Jawabannya adalah bisa jika ada rasa optimis dalam diri. Rutinitas pemakaian skincare bisa menyeimbangkan kesehatan fisik maupun mental, sehingga dapat menjaga diri dari keresahan-keresahan emosional.

3. Meningkatkan Kepercayaan Diri
Pemakaian skincare dalam rutinitas sehari-hari juga akan membantu meningkatkan kepercayaan diri dalam penampilan. Anda bisa terbebas dari kekalutan-kekalutan mental saat mencoba merawat diri.

4. Meningkatkan Mood
Kulit yang sehat akan berpengaruh pada suasana hati yang baik. Dengan menggunakan skincare, Anda bisa lebih senang menjalani hidup. Banyak langkah dan tahapan dalam pemakaian skincare yang dapat membantu memperbaiki suasana hati.

Mengembangkan rutinitas pemakaian skincare dalam kehidupan sehari-hari akan membuat Anda memiliki kendali atas diri sendiri. Melakukan perawatan diri dengan mengaplikasikan skincare juga membantu Anda untuk berperan aktif dalam menjaga kesehatan tubuh. Anda akan memiliki tugas untuk terus menjalani hidup positif saat hendak memulai langkah untuk merawat diri. Maka dari itu mengapa pemakaian skincare berpengaruh pada kesehatan mental.

Mulai rawat diri dengan mengikuti tahapan pemakaian skincare secara rutin agar terbebas dari gangguan kesehatan mental seperti stres, gangguan kecemasan, hingga depresi. Karena dengan menggunakan skincare, pola hidup sehat dan suasana hati akan berubah menjadi lebih positif.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun