Mohon tunggu...
Pandapotan Silalahi
Pandapotan Silalahi Mohon Tunggu... Pandapotan Silalahi (peminat dan penulis masalah-masalah sosial, politik dan perkotaan. Berasal dari Medan (Sumatera Utara). Lahir dari darah seorang wartawan bernama Maringan Silalahi (alm) mantan Wartawan Harian Ekonomi NERACA di Pematangsiantar-Simalungun (Sumut)

melihat situasi dan menuliskan situasi itu

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Najwa Shihab, Rocky Gerung, dan Pembatalan Ibadah Haji

11 Juni 2021   21:20 Diperbarui: 11 Juni 2021   22:08 206 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Najwa Shihab, Rocky Gerung, dan Pembatalan Ibadah Haji
Najwa Shihab (Mbak Nana). foto: Kompas

HINGGA kini, masih hangat pembahasan soal isu pembatalan ibadah haji. Konon Indonesia tak punya kuota.

Ya, pemerintah lewat Kementerian Agama RI telah membatalkan penyelenggaraan ibadah haji 1442 H/2021.

Pembatalan ibadah haji 2021 disampaikan langsung Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pada Kamis (3/6/2021). Tidak adanya penyelenggaraan haji 2021 diumumkan lantaran kepastian kuota Haji dari pemerintah Arab Saudi.

Sejatinya penulis tak ingin membahas lebih jauh kenapa ibadah haji tahun ini dibatalkan. Salahnya dimana, apakah ada kaitannya dengan bau-bau politis atau tidak? Entahlah, saya tak mau membahas itu.

Penulis, jujur, ingin mengkritisi debat di salah satu televisi nasional antara Mata Najwa (red, Najwa Shihab) yang mengundang Rocky Gerung yang mengupas dan membahas persoalan ibadah haji.

Sebagaimana kita ketahui bersama, Rocky Gerung yang selama ini ngomong bak tak punya rem, begitulah seolah menyalahkan pemerintah. Menuduh hal-hal negatif yang belum tentu benar.

Tapi lagi-lagi penulis tak ingin terjebak dalam hal mengapa ibadah haji ini dibatalkan.

Pertanyaan yang selalu mengganggu isi otak di kepala saya, apakah Mbak Nana (begitu Najwa Shihab dipanggil akrab) lupa sesuatu hal.

Menurut hemat saya, apapun yang dikupas dalam program televisi itu, sah-sah saja. Namun hal yang tak boleh dilupakan, sebagaimana yang pernah saya pelajari dalam ilmu komunikasi (mata pelajaran) Teknik Mencari dan Menulis Berita beberapa tahun silam di bangku kuliah, adalah selalulah 'selektif (memilih) narasumber.

Penulis tak tahu persis, apakah sebelum tayangan di televisi itu disiarkan, terlebih dulu ada semacam rapat kecil untuk memilih narasumber yang kapabel.

Mungkin banyak orang setuju, Rocky Gerung yang menekuni latar belakang bidang ilmu sosial, politik dan filsafat adalah orang yang tidak pas untuk dijadikan salah satu narasumber (pembicara).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x