Mohon tunggu...
Dyah Purba Ningrum Widyastuti
Dyah Purba Ningrum Widyastuti Mohon Tunggu...

Seorang mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Selanjutnya

Tutup

Digital

Dunia Jurnalisme Saat Ini, Skill Apa yang Diperlukan?

13 Februari 2019   07:05 Diperbarui: 14 Februari 2019   19:39 0 0 0 Mohon Tunggu...
Dunia Jurnalisme Saat Ini, Skill Apa yang Diperlukan?
journalist-headerbanner-1200x420-5c641e796ddcae713c7b8d82.jpg

Apa sih yang berbeda dari dunia jurnalisme dulu dan sekarang?

Mungkin bayangan anda soal pekerjaan di dunia jurnalisme adalah menjadi jurnalis yang mengharuskan anda panas-panasan dibawah terik sinar matahari menyampaikan sebuah berita sebagai reporter atau sebagai kameramen menyoroti kejadian atau sebuah acara yang terjadi.

Akan tetapi sebenarnya pekerjaan di dunia jurnalisme tidaklah sesempit itu. Misalnya saja dalam membuat koran diperlukan editor, wartawan, kameramen, pemimpin redaksi, marketing, dan lainnya. Itu baru media cetak, belum lagi media elektronik yang tentu memiliki lebih banyak kru. 

Saat ini teknologi sedang berkembang sangat pesat. Rasa-rasanya semua berubah mengikuti canggihnya jaman ini, hal itupun termasuk dunia jurnalisme yang juga berubah. 

Ya, saat ini bukan hanya pekerjaan yang telah saya sebutkan itu saja yang diperlukan di dunia jurnalisme tetapi juga muncul posisi pekerjaan baru. Hal itu terjadi karena media berlomba-lomba berusaha  meningkatkan kenyamanan dan membuat sesuatu yang baru serta menarik untuk kostumer mereka.

Tentu kita tidak asing lagi dengan teknologi video, foto, dan bahkan website di internet. Lalu bagaimana kalau jurnalisme dituangkan dalam ketiganya?

What  is Multimedia?

Kombinasi dari semua media ini yang tidak dimiliki oleh media cetak ataupun media TV merupakan definisi dari multimedia. Jadi multimedia itu apa?

Lebih lengkapnya menurut Munir (2012) dalam bukunya menjelaskan multimedia secara umum adalah penggunaan lebih dari satu macam media untuk menyajikan informasi. Pembaca dimanjakan secara visual, audio, video, dan teks dalam satu platform media.

Web koran dulu hanyalah menuliskan berita yang sama dengan apa yang diberitakan di koran cetak mereka. Untuk menonton berita di TV kita tidak harus menunggu pada jam-jam tertentu lagi. Video bukan hanya sekedar gambar bergerak yang bisa kita lihat hanya di TV. Audio bukan berarti hanyalah radio.

Bahkan saat ini journalisme dari TV dituntut untuk memiliki keterampilan menulis agar dapat menulis di website saluran TV mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x