Mohon tunggu...
bang doyy
bang doyy Mohon Tunggu... Menuang kan hobi dalam menulis

Hobi menulis berita dalam kebenaran

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Gunung Sinabung Erupsi, Warga: Siang Rasa Malam

11 Agustus 2020   17:52 Diperbarui: 11 Agustus 2020   17:53 0 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Gunung Sinabung Erupsi, Warga: Siang Rasa Malam
mediaindonesia.com

Gunung sinabung di kabupaten karo sumatera utara kembali terjadi erupsi, Namun erupsi gunung sinabung ini merupakan untuk yang ketiga kalinya dalam kurun waktu 3 hari, sebelumnya hari sabtu 8 agustus sinabung erupsi mengeluarkan abu vulkanik setinggi 2000 meter sekitar pukul 01.58 WIB akibat terjadi erupsi tersebut beberapa kecamatan di kabupaten karo terkenak dampak abu gunung vulkanik itu.

Sekitar pukul 17.18 WIB gunung sinabung kembali erupsi dengan mengeluarkan abu vulkanik sejauh lebih kurang 1.000 meter 

"Hingga hari ini tingkat kegempaan Gunung Sinabung masih terus meningkat dan berpotensi kembali terjadi erupsi susulan. Status Gunung Sinabung masih Siaga Level III," Armen menandaskan. Namun pada hari senin awal pekan masyarakat kembali di hebohkan dengan semburan abu vulkanik gunung sinabung setinggi 5.000 meter.Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung, Badan Geologi, dan PVMBG, Armen Putra mengatakan, Sinabung kembali erupsi pada pukul 10.16 WIB.

Seorang warga yang bermukiman dekat dengan gunung sinabung  tepatnya jalan udara, kota berastagi karo mengatakan abu vulkanik gunung sinabung menyelimuti daerah kawasan tempat tinggalnya hal ini di karenakan tebal nya abu vulkanik. Ketebalan abu vulkanik yang menutupi cerah nya pagi di tanah karo tersebut sampai membuat lampu cell otomatis menyala akibat gelapnya kawasan brastagi. "Saat ini Berastagi gelap, bahkan lampu solar cell otomatis menyala akibat gelapnya kawasan Berastagi," kata Chandra.

Kondisi tersebut terjadi sekitar pukul 10 pagi namun akibat abu gunung vulkanik serasa seperti pukul 10 malam abu vulkanik yang sangat pekat dan tebal membuat sebagian warganya mengungsi adapula yang menumpang sanak sodara namun sebagian pengeluaran togel warga lainnya memilih untuk tetap tinggal di kediaman nya masing-masing dalam kondisi seperti itu mereka cobak bertahan.

Jalan raya di seputaran kota berastagi diselimuti abu vulkanik hal ini berimbas dilakukan nya penutupan jalan sekitaran kota brastagi untuk mengurangi resiko kecelakaan "Akibat abu pekat, pengguna jalan terganggu," ujar Bobby . 

Kali ini erupsi gunung sinabung terjadi di sekitaran pukul 10.16 WIB banyak warga yang mendengar suara gemuruh saat erupsi terjadi tak lama berselang terjadi hujan abu vulkanik "Suara gemuruh tadi kami dengar, ternyata Sinabung kembali erupsi. Abunya sampai sini (Berastagi). Hujan abu vulkanik masih terjadi di Berastagi," sebut beberapa warga di sekitaran.

 Kepala pos pengamatan gunung api sinabung, badan geologi dan PVMBG, Armen Putra menerangkan sinabung kembali erupsi dengan mengeluarkan abu vulkanik mencapai lebih kurang 5.000 meter "Erupsi menyebabkan kolom abu berwarna cokelat gelap dan mengarah timur dan tenggara, Tingkat kegempaan Gunung Sinabung masih terus meningkat, dan berpotensi kembali terjadi erupsi susulan. Status Gunung Sinabung masih Siaga Level III," tandasnya.

VIDEO PILIHAN