Mohon tunggu...
Gobin Dd
Gobin Dd Mohon Tunggu... Buruh - Orang Biasa

Menulis adalah kesempatan untuk membagi pengalaman agar pengalaman itu tetap hidup.

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Kecemasan yang Menghantui Tim-tim Mapan Sebelum Piala Dunia 2022

26 September 2022   16:48 Diperbarui: 26 September 2022   21:05 153 20 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kylian Mbappe akan menjadi salah satu andalan timnas Perancis di Piala Dunia 2022. Foto: AFP/Franck Fife via Kompas.com

Laga-laga internasional yang berlangsung beberapa hari terakhir memberikan pelbagai kesan. Terlebih khusus kesan untuk timnas-timnas peserta Piala Dunia pada November-Desember 2022 mendatang di Qatar. 

Benang merah dari pelbagai kesan itu bermuara pada kesiapan para timnas peserta Piala Dunia 2022 menghadapi turnamen yang dilangsungkan 4 tahun sekali. Kendati pun laga-laga internasional itu tak menjadi standar utama untuk mengukur performa timnas di Piala Dunia mendatang, namun kewaspadaan patutlah dibangun. 

Misalnya, kekalahan Jerman atas Hungaria (0-1) di laga liga nasional Eropa. Kekalahan ini tentu saja di luar prediksi tatkala menimbang komposisi dan popularitas skuad yang dimiliki oleh Jerman. 

Lalu, ketakstabilan performa dari finalis Piala Eropa tahun lalu, timnas Inggris. Menderita kekalahan dari timnas Italia (0-1) di liga nasional Eropa makin membangkitkan keraguan atas persiapan dari tim yang dilatih oleh Gareth Southgate ini menghadapi Piala Dunia 2022. 

Selain deretan hasil yang tak menyenangkan yang dialami oleh tim-tim mapan itu, juga ada sercecah harapan untuk tim-tim mapan lainnya, seperti timnas Argentina dan Brasil Tim asal Amerika Selatan ini sementara berada dalam performa terbaik di laga-laga uji coba internasional.

Argentina sementara menorehkan rekor belum terkalahkan di 34 laga. Lionel Messi dan kawan-kawannya makin tampil solid. Bukti raihan Copa America dan trofi Finnalissima bisa menjadi motor penggerak untuk Messi dan kawan-kawan membawa pulang trofi Piala Dunia ke Argentina. Secara umum, timnas Argentina nampak siap menghadapi Piala Dunia 2022. 

Hal yang sama juga terjadi untuk rival kuat Argentina. Timnas Brasil. Sama seperti Argentina, timnas Brasil selalu tampil konsisten di setiap laga-laga internasional. 

Selain itu, tim Samba mempunyai deretan pemain bintang yang sementara tampil meyakinkan di klub-klub Eropa. Performa mereka pun ikut tertular di timnas Brasil. 

Terlihat pelatih timnas Brasil Tite akan bekerja keras dalam menyeleksi pemain yang akan dibawanya ke Qatar. Pasalnya, pada lini depan, Brasil mempunyai segudang penyerang. Bahkan dalam laga uji coba kali ini, Tite harus meninggalkan Gabriel Jesus kendati Jesus lagi tampil meyakinkan bersama klub barunya, Arsenal. 

Di balik performa timnas-timnas yang dikategorikan favorit peraih gelar juara Piala Dunia 2022, satu hal yang menjadi kecemasan dari para pelatih, yakin kebugaran para pemain di Piala Dunia mendatang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan