Mohon tunggu...
Gobin Dd
Gobin Dd Mohon Tunggu... Buruh - Orang Biasa

Menulis adalah kesempatan untuk membagi pengalaman agar pengalaman itu tetap hidup.

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Yang Disoroti Rakyat Filipina Ketika Tim Basket Gagal Raih Emas di SEA Games 2021

25 Mei 2022   09:40 Diperbarui: 26 Mei 2022   22:16 2398 39 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tim basket 5x5 Indonesia merayakan kemenangan dari Filipina di SEA Games 2021| Foto: NOC Indonesia via Kompas.com

Ketika diskusi tentang pemilihan umum (pemilu) 9 Mei 2022 lalu di Filipina belum usia, rakyat Filipina kembali bersatu dalam satu topik yang sama. Topik tentang kekalahan timnas bola basket Filipina. 

Kegagalan timnas bola basket Filipina membawa pulang medali emas dari ajang SEA Games 2021 di Vietnam menjadi bahan pembicaraan dari masyarakat. 

Cabang olahraga bola basket merupakan olahraga rakyat di Filipina.

Sebagai olahraga rakyat, kita gampang menjumpai lapangan basket di Filipina. Mulai dari lapangan yang terbangun secara resmi lewat aturan, hingga inisiatif pribadi. Bahkan tak sedikit orang yang memanfaatkan jalan raya sebagai arena bermain bola basket.

Selain itu, seolah ada aturan dan kebijakan di mana setiap desa mesti mempunyai lapangan bola basket. Ada kebanggaan dari sebuah desa ketika memiliki lapangan basket dengan fasilitas yang memadai.

Pemerintah juga tak menutup mata dengan situasi ini. Banyak gym atau lapangan bola basket yang terbangun berkat dana bantuan pemerintah. 

Iklim pertandingan bola basket terbilang yang kompetitif di Asia. Hal ini nampak lewat jumlah orang yang datang ke arena bola basket, jam tayang pertandingan basket dari level domestik maupun NBA, dan juga loyalitas pecinta bola basket untuk tim-tim lokal dan tim asal luar negeri.

Di level terbawah, setiap ada pesta desa selalu ada kompetisi bola basket. Para politikus juga kerap mensponsori pertandingan basket. 

Pendek kata, bola basket menjadi magnet yang mempersatukan masyarakat dan menangkap simpati masyarakat. Tak heran, laga yang dimainkan oleh timnas basket Filipina kerap menjadi buah bibir.

Siapa sangka, kekalahan dari Indonesia di SEA Games 2021 pun menjadi perbincangan hangat. Padahal, dalam benak masyarakat Filipina umumnya, medali emas sudah masuk kantong timnas basket Filipina. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan