Mohon tunggu...
Gobin Dd
Gobin Dd Mohon Tunggu... Buruh - Orang Biasa

Menulis adalah kesempatan untuk membagi pengalaman agar pengalaman itu tetap hidup.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Aturan Tegas A la Xavi Hernandez, Takaran Kepatuhan Pemain, dan Faktor Pertemanan

11 November 2021   16:22 Diperbarui: 11 November 2021   16:25 261 19 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Xavi Hernandez telah diperkenalkan ke publik Camp Nou. Foto: AFP/Lluis Gene via Kompas.com

Xavi Hernandez akhirnya memulai karirnya sebagai pelatih Barcelona. Presentasinnya di hadapan suporter di Camp Nou cukup membangkitkan optimisme suporter Barca.

Untuk saat ini, Xavi dinilai sebagai harapan Barca. Para suporter menggemakan namanya seperti yang pernah dialaminya sewaktu masih aktif bermain bersama Barca.

Xavi datang sebagai legenda klub serentak ditugaskan sebagai pelatih tim utama untuk memperbaiki performa tim yang sementara tampil timpang. Pengalaman sebagai pemain dan pelatih di Qatar menjadi beberapa pertimbangan dari pemilihan Xavi.

Tugas Xavi di Barca tidaklah gampang. Banyak hal yang perlu dibenahi oleh mantan gelandang Barca dan timnas Spanyol ini.

Saya kira tugas yang paling pertama dari Xavi adalah mengembalikan mentalitas para pemain. Mentalitas para pemain sementara tak stabil.

Hal ini bisa terbaca dari laga kontra Celta Vigo dalam lanjutan kompetesi La Liga Spanyol. Dalam laga ini, Barca sudah unggul 3-0 atas Celta Vigo di babak pertama.

Akan tetapi keunggulan besar ini berakhir sia-sia. 3 gol balasan di babak kedua membuyarkan kemenangan Barca.

Hasil imbang ini menunjukkan bahwa mentalitas para pemain Barca pun sementara tak stabil. Bagaimana bisa, Barca yang tergolong tim besar gampang tunduk pada Celta Vigo yang juga tampak tak stabil di La Liga Spanyol saat ini.

Tak heran, dalam sesi pertama latihan dengan para pemain, Xavi menyatakan kepada para pemain untuk percaya pada kemampuan diri sendiri. Artinya, tim tak boleh gampang jatuh di tengah gempuran permainan tim lawan dan perlu keyakinan untuk mencapai kesuksesan.

Selain memberikan motivasi, Xavi juga hadir dengan memberikan aturan-aturan untuk para pemain. Beberapa aturan pernah ditegakan semasa dia menjadi pemain di era kepelatihan Pep Guardiola. Akan tetapi, hal itu lenyap pada beberapa musim terakhir.

Melansir berita dari Tribuna.com (10/11/21), pelatih yang berusia 41 tahun ini memberikan paling tidak 10 aturan bagi para pemain. Aturan-aturan itu meliputi waktu kedatangan pemain sebelum latihan, soal diet pemain hingga gaya hidup para pemain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan