Mohon tunggu...
Gobin Dd
Gobin Dd Mohon Tunggu... Peminat kata

Menulis adalah kesempatan untuk membagi pengalaman agar pengalaman itu tetap hidup.

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Melihat Kemungkinan Duo Mbappe-Haaland Menggantikan Rivalitas Messi-Ronaldo

19 Februari 2021   14:17 Diperbarui: 20 Februari 2021   03:16 174 24 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Melihat Kemungkinan Duo Mbappe-Haaland Menggantikan Rivalitas Messi-Ronaldo
Kylian Mbappe (Kiri) dan Erling Haaland (kanan). Sumber foto: Getty Images via Goal.com

Selama lebih dari sedekade, rivalitas antara Lionel Messi (Barcelona) dan Cristiano Ronaldo (Juventus) menjadi bahan perbincangan banyak pihak. Rivalitas itu melingkupi performa kedua bintang di lapangan hijau, kontribusi mereka untuk tim, dan prestasi individual yang ditorehkan oleh kedua pemain.

Secara umum, kedua bintang ini hampir menorehkan prestasi yang serupa baik untuk klub maupun dari level individual. Makanya, tak sedikit pihak menilai kalau rivalitas kedua bintang akan sangat sulit untuk diulangi di waktu yang akan datang.

Perkiraan ini bisa saja benar dan bisa juga salah. Kebenarannya adalah sulit untuk mencari pemain yang bermain pada level terbaik secara konsisten untuk waktu yang lama.

Messi dan Ronaldo menunjukkan penampilan yang konsisten hingga saat ini. Memang usia tidak bisa menyembunyikan kelambanan mereka di lapangan hijau, namun efektivitas mereka tetap memberikan kontribusi besar untuk tim.

Perkiraan itu pun bisa salah bila menimbang kemunculan beberapa pemain muda beberapa tahun terakhir. Edisi para pemain muda yang sementara bersinar adalah Kylian Mbappe (PSG) dan Erling Haaland (Borussia Dortmund).

Kedua bintang muda ini menjadi pemberitaan media sepak bola di lanjutan babak ke-16 besar Liga Champions pada musim ini. Mereka menunjukkan performa yang cukup impresif dalam laga lanjutan Liga Champions ini.

Mbappe berhasil mencetak hattrick saat bertandang ke markas Barcelona, Camp Nou. Tiga gol Mbappe membenamkan Messi dan kawan-kawan sekaligus menjadi arena pertunjukan dan pengakuan Mbappe sebagai bintang masa depan. Arena pertunjukan itu seolah berkata bahwa waktunya Messi akan segera beakhir, dan waktu Mbappe sementara dan akan dimulai.

Selepas laga, rekan senegaranya dan punggawa Barca, Antoine Griezmann tidak luput memuji Mbappe. Menurut Griezmann, Mbappe akan berada selevel dengan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Griezmann tidak berlebihan. Mbappe masih berada di usia 20 tahun. Masih banyak waktu bagi pemain timnas Perancis ini untuk membuktikan diri.

Sehari setelah pertunjukkan Mbappe, Haaland tidak mau ketinggalan. Walau tidak mencetak hattrick, Haaland berhasil mencetak 2 gol dan 1 assist saat mengalahkan Sevilla (3-2) di ajang Liga Champions. Menariknya, Haaland mengakui bahwa performanya dalam laga kontra Sevilla itu dipengaruhi oleh penampilan Mbappe di Camp Nou.

Mbappe dan Haaland terbilang fenomenal. Sebelum memasuki usia ke-21 tahun, keduanya sudah mencetak lebih dari 15 gol di ajang Liga Champions. Sementara Messi di usia yang sama hanya mencetak 8 gol. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN